Sudah Lama Pekerja Sampah di Lokasi TPA Waikalopa, Sula, Tak Diurus

Kondisi areal TPA di Kepulauan Sula. || Foto: Hartati Pagnifat/Hpost

Sula, Hpost - Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kepulauan Sula, Ridwan Buamona, mengungkapkan sudah lama para pekerja di lokasi TPA Waikalopa, Sanana Utara, Kepulauan Sula, tak diurus sehingga sampah tampak berhamburan hingga ke jalan raya.

Nasib para pekerja yang tak diurus itu diakuinya sejak masa bupati periode sebelumnya. Ridwan bilang, penyebabnya karena bahan bakar selalu habis di TPA saat lagi bekerja, dan tidak ada orang yang mengawasi para pekerja.

"Pekerja yang mendorong sampah dengan alat berat sering kehabisan bahan bakar saat bekerja, terus tidak ada komunikasi yang sampai kepada dinas," ungkap Ridwan, Senin, 5 Juli 2021.

"Penyediaan bahan bakar untuk alat berat dorong sampah di TPA itu sebanyak 75 liter dalam sehari. Tapi selalu kurang, maka sampah setiap hari semakin bertumpuk," tambahnya.

Namun, ia mengaku dipastikan dalam pekan ini sudah bersih semuanya. Karena kondisi mobil sampah yang bermasalah pada bagian baut akan diatasi.

"Ada 50 baut yang sudah dipesan, kalau sudah tiba, maka alat mobil yang sudah tua diganti dengan yang baru, agar pekerjaan tidak lagi terhambat seperti kemarin-kemarin," jelasnya.

Ridwan berharap, agar dengan adanya pengawas TPA yang baru nanti, para pekerja lebih aktif lagi.

"Pengawas diganti karena tidak aktif, diganti tapi dengan penduduk setempat. Tidak jauh lagi kampungnya dengan TPA," pungkasnya.

Penulis: Hartati Pagnifat
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga