Lingkungan

Warga Takome, Ternate, Keluhkan Bau Sampah TPA Buku Deru-deru

Gerbang masuk Tempat Pembuangan Akhir Buku Deru-deru, Kota Ternate, Maluku Utara. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Warga Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, keluhkan bau sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Buku Deru-deru, Takome.

“Hampir setiap hari kami mencium aroma tak sedap. Karena lokasi TPA cukup dekat dengan permukiman warga,” ungkap salah satu warga Takome, Asrul, kepada wartawan, Rabu 14 Juli 2021.

Penanganan sampah di Ternate, kata Asrul, masuk dalam program 100 hari kerja Wali Kota Tauhid Soleman dan Wakil Wali Kota  Jasri Usman.

Olehnya itu, ia meminta tidak hanya sampah di perkotaan yang diurus. Tapi pengelolaan dan penanganan di TPA Buku Deru-deru, juga perlu diperhatikan.

Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Buku Deru-deru, Kota Ternate, Maluku Utara, tampak terlihat dari udara. || Foto: Layang Sutanto/JMG

"Agar masyarakat Takome yang berada di sekitar TPA tidak terdampak. Karena (truck) buang sampah di area depan, dekat jalan raya. Jadi setiap hari torang (kami) cium itu bau sampah,” tuturnya.

Camat Ternate Barat, Hamid Muhammad, mengakui atas ketidaknyamanan warganya itu. Apalagi di tengah kondisi hujan saat ini.

“Sampah semakin dekat dengan jalan raya. Mungkin sistem pengelolaan di dalam yang perlu ditingkatkan, agar tidak menimbulkan bau seperti sekarang," ucapnya.

Ia berjanji segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, untuk mencari solusi agar persoalan tersebut bisa diselesaikan.

Baca Juga