Kecelakaan Kapal

KM Simba 1 Tujuan Sanana Ternate Dikabarkan Patah Kemudi

Tim SAR gabungan saat hendak menuju ke perairan Mangoli Kepulauan Sula untuk melakukan evakuasi KM Simba 1 yang dikabarkan patah kemudi. Foto : Istimewa

Ternate, Hpost – KM. Simba 1 tujuan Sanana ke Ternate, yang berangkat dari Pelabuhan Sanana pukul 22.00 wit, Selasa 7 September 2021 hingga kini belum juga tiba di daerah tujuan.

Ini karena kapal dengan jumlah penumpang kurang lebih 100 orang tersebut dikabarkan patah kemudi di perairan Mangoli, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Baca Juga :

PT EFI di Halmahera Utara Ingatkan Karyawan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Warga Fagudu Kepulauan Sula Butuh Tempat Sampah

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, saat dikonfirmasi Halmaherapost.com, membenarkan hal tersebut. Menurut Arafah, berdasarkan informasi yang diterima Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate melalui unit siaga SAR Sanana, kapal tersebut mengalami patah kemudi.

“Kita terima informasi dari BBC pukul 1.30 WIT dini hari bahwa terjadi kecelakaan KM Simba 1 mengalami patah kemudi diperairan Mangoli dengan jumlah penumpang kurang lebih 100 pada koordinat 166 Nm radian 193 derajat dari SAR Ternate,”ucap Arafah, Rabu 8 September 2021.

Sehingga, pihaknya kata Arafah, kemudian melakukan koordinasi dengan KUPP Sanana untuk memastikan dan meminta bantuan menghubungi agen kapal, serta berkoordinasi dengan BW LESMES untuk permintaan bantuan pertolongan terhadap KM Simba 1.

“Kita juga koordinasi dengan Plt KUPP Sanana untuk bantuan kapal guna proses evakuasi penumpang,”katanya.

Bahkan, tim SAR gabungan telah menuju ke menggunakan lokasi kejadian perkara menggunakan KM Barcelona untuk melaksanakan proses evakuasi penumpang kapal KM Simba 1.

“Pukul 9.49 WIT pagi ini sudah menuju dengan estimasi waktu tiba pukul 12.49 WIT. Informasi selanjutnya akan disampaikan kemudian,”pungkasnya.

Penulis: Ramlan
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga