Nasional

Penghargaan Kalpataru 2022 Diterima, Zulkifli Kembali Ukir Prestasi untuk Maluku Utara

Penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2022 kepada Zulkifli, ASN pejuang linkungan hidup di Maluku Utara.

Ternate, Hpost – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong, resmi menyerahkan Penghargaan Kalpataru tahun 2022 kepada 10 orang penerima, Rabu 20 Juli 2022.

Penyerahan yang dipusatkan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) itu juga diberikan kepada Zulkifli, ASN di Kota Ternate yang punya banyak prestasi di bidang lingkungan hidup.

Penghargaan Kalpataru diberikan kepada mereka yang terbukti memiliki kepedulian, komitmen, prakarsa, inovasi, motivasi, dan kreativitas secara berkelanjutan, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan itu, Alue menyampaikan bahwa para peraih Kalpataru yang menjadi ujung tombak daerah senantiasa menjaga amanah dalam melestarikan hutan dan lingkungan hidup daerahnya.

"Para pemimpin dan pejuang lingkungan hidup peraih Kalpataru diharapkan menjadi contoh, inspirasi, dan pemicu yang mendorong inisiatif dan partisipasi individu atau kelompok masyarakat lainnya secara luas," ujarnya.

Penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2022 terdiri dari 3 Penerima kategori Perintis, 3 kelompok Penerima kategori Penyelamat, 2 penerima kategori Pengabdi dan 2 penerima kategori Pembina.

Adapun untuk Maluku Utara, Kalpataru diberikan kepada Zulkifli (46 tahun), warga kelurahan Tobeleu, Kota Ternate Utara, seorang Pegawai Negeri Sipil yang berhasil mengatasi krisis air bersih di daerahnya.

Baca Juga:



Zulkifli kerap dikenal sebagai 'Pahlawan Air Hujan' di Kota Ternate. Ia membuktikan kepedulian lingkungan hidup dengan Gemma Camtara (Gerakan Memanen Air Hujan Kecamatan Ternate Utara) yang dicetusnya tahun 2017.

Lewat Gemma Camtara, Zulkifli pun menorehkan prestasi kedua Penghargaan Kalpataru tahun 2022 untuk Provinsi Maluku Utara, setelah pada tahun 2014 penghargaan tersebut juga diterima Amrul Sadik Daga, ASN Pemerintah Kota Ternate untuk kategori Pengabdi Lingkungan.

Program yang dilaksanakan Amrul Sadik Daga kala itu adalah penanganan limbah medis di Kota Ternate dan dengan programnya itu ditetapkan sebagai salah satu penerima Penghargaan Kalpataru pada tahun 2014.

"Saya merasa bersyukur, bahagia dan sekaligus bangga bisa meraih penghargaan ini, bisa membawa nama Pemerintah Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara di ajang Nasional," ucap Zulkifli kepada wartawan, Rabu 20 Juli 2022.

Ia mengaku, ketika pertama kali diusulkan mengikuti Penghargaan Kalpataru Tahun 2022 oleh DLH Provinsi Maluku Utara, dirinya sempat menolak karena di Maluku Utara ada banyak pegiat dan penggiat lingkungan hidup termasuk ASN di dalamnya.

"Bagi saya menerima penghargaan dari negara melalui ajang Kalpataru ini bukan merupakan tujuan dan akhir dari pengabdian tapi ini lebih kepada penambah motivasi dan memperteguh komitmen untuk tetap terus melanjutkan dan mengembangkannya melalui Besa Macahaya," ujarnya.

Melalui Besa Macahaya selain tetap concern pada upaya konservasi air tanah dan penyediaan air bersih berbasis air hujan juga pengelolaan sampah dari sumber dan konservasi energi.

Bagi dia, Gemma Camtara atau Gerakan Menabung dan Memanen Air Hujan Kecamatan Kota Ternate Utara dalam perjalanannya tidak sendiri, banyak dukungan dan keterlibatan dari berbagai pihak melalui kolaborasi dan kemitraan.

"Melalui kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ternate yang selalu mendorong dan memotivasi saya dan ASN Kota Ternate untuk selalu peka dan peduli terhadap permasalahan dan aspirasi masyarakat dengan melahirkan dan menjalankan program inovasi," tukasnya.

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara yang telah mengusulkan saya mengikuti Penghargaan Kalpataru," lanjut Zulkifli.

"Ucapan terima kasih juga kepada tim kerja Gemma Camtara dan teman-teman di Kantor Kecamatan Kota Ternate Utara serta semua pihak yang telah bersama-sama Gemma Camtara melakukan upaya konservasi air tanah melalui Program Sedekah Air Hujan," tandasnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: RHH

Baca Juga