Cendekia

Tim PKMS Unipas Morotai Melatih Ibu-ibu Hasilkan Produk Sagu Ikan

Tim PKMS Unipas Morotai dan peserta pelatihan saat memamerkan produk sagu ikan || Foto: Istimewa

Morotai, Hpost – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, Maluku Utara, menghadirkan pelatihan produksi sagu ikan untuk ibu-ibu di Desa Dehegila, Pulau Morotai, Minggu 31 Juli 2022.

Pelatihan yang diikuti kelompok ibu-ibu pengolah sagu ini berjudul 'Diversifikasi Produk Prikanan Sebagai Solusi Meningkatkan Produksi Sagu Ikan di Desa Dehegila Kabupaten Pulau Morotai'.

Ketua Tim PKMS Unipas Morotai, Asy'ari mengatakan, pelatihan tersebut diberikan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengolahan sagu ikan.

"Jadi tujuan pelatihan ini agar masyarakat dapat memahami cara lain mengolah sagu, yaitu dengan memproduksi sagu ikan," kata Asy'ari, kepada Halmaherapost, Minggu 31 Juli 2022.

Baca Juga:




Ia bilang, selain memberi manfaat pengetahuan, pelatihan disverifikasi tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Di sisi lain, produksi sagu ikan ini juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan kelompok yang menjadi sasaran kami yaitu ibu-ibu yang bekerja sebagai pengolah sagu di Desa Dehegila," ujarnya.

Asy'ari menyebut, dalam pelatihan ini, jumlah peserta yang terlibat sebanyak 39 orang. Mereka terdiri dari ibu-ibu pengolah sagu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa setempat.

Diketahui, PKMS sendiri merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga