Wisata

Larangan Baru di Wisata Danau Tolire, Pengunjung Tak Boleh Memaki

Sejumlah warga tampak memasang plang peringatan di lokasi danau Tolire Kecil || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Plang larangan melempar batu ke Danau Tolire, Kota Ternate, Maluku Utara kini ditancap. Imbauan tersebut menyusul peristiwa buaya terkam remaja, beberapa waktu lalu.

Selain melempar batu, sejumlah imbauan seperti larangan melintasi pagar beton di lokasi danau, hingga mengeluarkan kata-kata keji (memaki), tak dibolehkan.

Seperti dipantau, plang ini ditancap di sejumlah lokasi wisata Danau Tolire. Selain di Tolire Besar, larang pun terdapat di Tolire Kecil, pada Kamis 11 Agustus 2022, kemarin.

Sudah diberitakan sebelumnya, larangan lempar batu ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P Mahli.

Ia bilang, larangan tersebut dipertimbangkan oleh sejumlah tokoh masyarakat, bahkan tokoh adat di Kelurahan Takome, Ternate Barat, yang merupakan warga sekitar danau.

Baca Juga: 


“Kami juga sudah bertemu masyarakat adat di sini, hal yang penting adalah sudah tidak diharuskan lagi melakukan pelemparan batu (salah satu atraksi wisata) di area danau,” tandasnya.

Dispar berencana membentuk Tim Satgas di kawasan Danau Tolire. Tim ini melibatkan warga setempat, pihak adat, pemerintah, serta keamanan guna memantau penertiban kawasan wisata.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga