Kabar

Tarif Angkot untuk Mahasiswa dan Umum di Ternate Bakal Naik 30 Persen

Terminal angkot di Ternate || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Tarif angkutan umum di Kota Ternate, Maluku Utara, bakal alami kenaikan usai penetapan harga BBM oleh pemerintah. Tarif angkot mahasiswa dan umum naik sebesar 30 persen.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim menyampaikan, penyesuaian kenaikan tarif tersebut guna menyikapi kenaikan BBM.

Mochtar bilang, penetapan juga dilakukan dalam rangka menjawab keluhan para sopir angkutan di Ternate terkait mahalnya harga BBM.

"Apa yang menjadi keluhan dari teman-teman sopir angkutan kami tampung dan membuat penyusuain dengan kondisi sekarang yang kemudian disepakati bersama," kata Mochtar, usai menggelar rapat bersama Pengurus Ikatan Solidaritas Sopir Angkutan Penumpang (ISSAP) Kota Ternate, Minggu 04 September 2022.

Baca Juga:





Mochtar menyebut, kenaikan tarif angkutan kategori umum sebelumnya Rp7.000 bakal naik menjadi Rp9.000. Sedangkan untuk Pelajar/Mahasiswa dari Rp5.000 naik jadi Rp6.500.

Dia bilang, pihaknya juga sudah melayangkan undangan kepada DPRD Ternate, Kabag Hukum Kota Ternate, Kabag Ekonomi Kota Ternate dan ketua ISSAP Ternate terkait pembahasan tarif.

"Undangan kami kirimkan ke pihak DPRD dan Ikatan Solidaritas Sopir Angkutan Penumpang (ISSAP) untuk membahas harga tarif mobil dalam Kota Ternate," ujarnya.

Selanjutnya kata dia, pihaknya segera membuat draf hasil rapat bersama ISSAP untuk dilaporkan agar dibuat Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Wali Kota.

Ketua ISSAP Kota Ternate, Muhammad Ely, mengatakan, pihaknya mengusulkan agar sopir angkutan tidak terlalu bergantung dengan BBM jenis pertalite karena pertalite sangat susah di dapatkan di SPBU.

"Jadi yang ditawarkan ke pihak Dishub, angka tarif tersebut bisa menyusuaiakan ketika jenis pertalite kosong, maka sopir tidak dirugikan dengan harga pertamax yang mahal, termasuk harga spare part sudah naik akibat naiknya harga BBM," pungkasnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga