Kesehatan

Zero Frambusia 3 Tahun Berturut-turut, Pemda Morotai Terima Penghargaan dari Kemenkes

Kepala Dinas Kesehatan dan KB Pulau Morotai, dr Julys Giscard Kroons saat menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI. Foto: Istimewa

Morotai - Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pulau Morotai, Maluku Utara, menerima penghargaan sebagai Daerah Bebas Eradikasi Frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Penghargaan berupa Sertifikasi Daerah bebas Eradikasi Frambusia itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Pulau Morotai, dr. Giscard Kroons, di sela-sela peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) Sedunia di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Selasa 21 Februari 2023 kemarin. 

"Penghargaan yang diberikan Kemenkes RI ke Pemda Pulau Morotai itu karena Pemda Morotai dinilai berhasil dalam upaya pengendalian Frambusia di masyarakat dengan Surveilans aktif dan tidak ditemukan kasus Frambusia selama Tiga tahun berturut-turut terhitung sejak tahun 2020 sampai 2022 pada kelompok masyarakat dengan suspek Frambusia," ungkap Giscard kepada Halmaherapost.com Rabu 22 Februari 2023.

Baca:

Korban Dugaan Keracunan di Ternate Butuh Biaya Perawatan, Ungkap Kebaikan Dokter

Muhlis Soamole Resmi Jabat Sekda Definitif Kepulauan Sula

Persega Bangkit, Bikin Prestasi di Liga III Maluku Utara

Ia bilang, dari Kegiatan Pengendalian Frambusia pada tahun 2022 secara spesifik menjangkau 85 Sekolah Dasar di  Kabupaten Pulau Morotai dengan 9.520 Siswa yang tersebar di 13 Puskesmas Layanan dan 6 Kecamatan serta 88 desa. 

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: M. Rasai
Editor: Redaksi

Baca Juga