Olahraga

Hebat! Tim Basket 3×3 Maluku Utara Lolos PON Tanpa Dukungan Pemerintah Daerah

Tim basket 3x3 Maluku Utara, usai laga playoff di Mall Ambarukmo Yogyakarta, pada 24 September 2023. Mereka berhak tampil di PON 2024 di Aceh dan Medan || Foto: Dokumentasi Adi

Yogyakarta - Tim basket Tri on Tri atau 3x3 Maluku Utara, berhasil meraih tiket ke PON setelah sukses melewati kualifikasi Prapon di Yogyakarta pada tanggal 21-24 September 2023. Prestasi tersebut diraih tanpa campur tangan dari pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara.

Dalam babak kualifikasi, tim yang dilatih oleh Suhardy Ahmad tergabung dalam grup B bersama Jawa Barat, Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Kalimantan Barat (Kalbar). Tim Maluku Utara meraih dua kemenangan pada babak penyisihan grup melawan NTB dan Lampung, namun kalah melawan Sulteng dan Kalbar.

Dengan dua kemenangan tersebut, tim Maluku Utara melangkah ke fase playoff sebagai peringkat kedua dari grup B. Mereka berhadapan dengan peringkat kedua dari grup D, yaitu Bali. Pada pertandingan yang berlangsung pada 24 September 2023 malam, Malut berhasil mengalahkan Bali dengan skor tipis 20-19. Hasil ini memastikan tim putra 3x3 lolos ke PON 2024 yang akan diselenggarakan di Aceh dan Medan.

Baca juga:


Kejagung Didesak Periksa Plt Sekda Morotai Soal Dugaan Penyimpangan Anggaran Daerah


Disdikbud Morotai Mulai Membenahi Data Sekolah, Sarana Prasarana Terus Dibenahi


Kejagung Didesak Copot Kajari Morotai


"Meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, para pemain mampu menunjukkan kualitas dan proses yang telah dilatihkan," ujar Pelatih Kepala, Suhardy Ahmad, kepada Halmaherapost.com, Senin, 25 September 2023.

Suhardy menyampaikan bahwa prestasi timnya adalah bukti dari proses latihan yang telah dijalani. Keberhasilan ini dapat dicapai berkat perhatian penuh dari manajemen, terutama Manajer, Abubakar Daeng Barang.

"Seluruh akomodasi latihan ditanggung oleh manajer. Sejauh yang saya tahu, belum ada alokasi anggaran dari pemerintah daerah. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Manajer atas kepeduliannya dalam memajukan olahraga," tambahnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Firjal Usdek
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga