DPRD

Pimpinan Defenitif DPRD Halmahera Tengah Dilantik Besok, Golkar Masih Tarik Ulur

Foto : Istimewa

Weda, Hpost - Dua pimpinan defenitif DPRD Kabupaten Halmahera Tengah akan dilantik, Jumat 15 November 2019 besok. Sementara itu, posisi Ketua DPRD yang menjadi jatah Golkar sebagai pemenang pemilu masih dipolimikkan di internal partai berlambang beringin itu.

Dua pimpinan yang akan dilantik adalah Kabir Hi Kahar dari Partai PDIP selaku Wakil Ketua I dan Hayun Maneke, dari Partai Nasdem selaku Wakil Ketua II.

Sementara Ketua DPRD yang merupakan milik Partai Golkar selaku Partai pemenang Pileg belum dilantik karena masih tarik ulur di internal partai Golkar Halteng. Meskipun SK DPP yang ditandatangani Ketua Umum (Ketum) dan Sekertaris Jendral (Sekjen) menetapkan Sakir Ahmad sebagai ketua DPRD.

"Besok pelantikan dua pimpinan defenitif. Yang dilantik itu dari Partai PDIP dan Nasdem," kata Wakil ketua DPRD sementara, Nuryadin Ahmad, Kamis 14 November 2019.

Pelantikan kedua pimpinan ini berdasarkan SK Gubernur Maluku Utara yang telah diterbitkan. "SK dua pimpinan yang kita usulkan ke Gubernur pada paripurna lalu sudah terbit, sehingga kita agendakan pelantikan," ujarnya

Menurut Nuryadin, pelantikan ini juga dalam rangka mempercepat agenda-agenda DPRD. Sebab setelah pelantikan, DPRD akan segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Hal itu mengingat DPRD menghadapi salah satu agenda penting yakni pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  2020.

"Setelah pelantikan kita sampaikan tatib, umumkan AKD, selanjutnya paripurna pandangan fraksi tentang APBD 2020," jelasnya.

Mantan ketua DPRD Halteng itu mengaku pembentukan AKD tanpa ketua DPRD tidak menjadi masalah, karena kepemimpinan di DPRD itu kolektif kolegial.

"Jadi tidak ada masalah, karena kepemimpinan itu kolektif kolegial," tutupnya.

Penulis:

Baca Juga