Sekilas Info

Infrastruktur

2020, Jalan dan Jembatan di Kecamatan Patani Timur Segera Terhubung

Proses pembangunan jembatan Kali Gowenle yang menghubungkan desa Nursifa dan Damuli, Kecamatan Patani Timur || Foto : Eno/Hpost

Weda, Hpost - Keluh kesah warga Kecamatan Patani Timur, Halmahera Tengah terkait kendala konektifitas infrastrukur jalan dan jembatan mulai terjawab. Jalan dan jembatan di kecamatan tersebut. Pembangunan jalan itu dijadwalkan rampung 2020.

"Sekarang kali Gowonle yang berada di pertengahan antara Desa Damuli-Nursifa, Kecamatan Patani Timur sudah dibangun jembatan guna menjawab konektifitas perhubungan darat antar desa di wilayah tersebut. Untuk tahap satu pekerjaan yang dilakukan tahun ini menelan anggaran Rp 5 miliar," kata Wakil Bupati, Halmahera Tengah (Halteng), Abd Rahim, kepada wartawan, Jumat 6 Desember 2019.

Abd Rahim mengatakan, salah satu pekerjaan besar di wilayah Kecamatan Patani Timur yang dilaksanakan saat ini adalah pembangunan jembatan Kali Gowonle yang diketahui selama ini menjadi penghalang arus penghubung antar desa di Kecamatan Patani Timur, atau antar wilayah Patani (Halteng) dan Maba (Haltim).

Ia menjelaskan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang digelontorkan guna kepentingan pembangunan Jembatan Kali Gowonle diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp. 20 miliar. Infrastruktur yang menjadi akses utama warga Patani Timur itu dijadwalkan rampung 2020.

Kecamatan Patani Timur menjadi satu dari 10 kecamatan yang digenjot pembangunanan infrastrukturnya. Selain pembangunan jembatan, pihaknya juga membangun jalan hotmix yang pekerjaannya juga sudah dilaksanakan tahun ini.

Sesuai kontrak tahun jamak (multiyears) dengan target waktu penyelesaian 2021 nanti.
"Prinsipnya, semua yang dilaksanakan itu sebagai implementasi dari visi misi Elang-Rahim 2017-2022 di bidang infrastruktur," tutupnya.

Penulis:

Baca Juga