Reformasi Birokrasi

Demianus Geser Ramli dari Kabag Pemerintahan Halmahera Barat

Bupati Halmahera Barat melantik Demianus Sidete menjadi Kabag Pemerintahan, Jumat 3 Januari 2020 || Foto : Zul/Hpost

Jailolo, Hpost - Bupati Halmahera Barat, Danny Missy kembali merombak kabinetnya sekaligus melantik sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat di Aula Bidadari Kantor Bupati, Jumat 3. Desember 2020. Dalam pelantikan itu, Camat Jailolo Selatan Demianus Sidete dilantik menjadi Kabag Pemerintahan Setda Halmahera Barat, menggantikan Ramli Naser.

Dalam perombakan kabinet yang tertuang pada surat keputusan (SK) Bupati Halmahera Barat (Halbar) nomor : 9/KPTS/KP/1/2020, menyebutkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Halbar, dinonjobkan dari jabatannya.

Sebelumnya, menjalang pilkada Bawaslu Maluku Utara mengimbau kepada seluruh kepala daerah untuk tidak melakukan perombakan kabinet setelah 8 Januari 2020. Hal itu sesuai PKPU Nomor 16 tahun 2019, yang melarang mutasi jabatan terhitung 8 Januari 2020.

Rolling yang dilakukan kali ini terdapat sejumlah pejabat yang didominasi esalon III  yang diberhentikan atau nonjob, ada juga bertukar tempat dan turun jabatan. Salah satu yang dievaluasi adalah Ramli Naser.

Sementar untuk pejabat Essalon II, Muhammad Adam dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yafet G.Tjanu dipercayakan mengembang jabatan sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Justinus Rahailwarin sebagai kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan ESDM, Agustinus Herlis Maholle sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Samsudin Senen sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Bupati Halbar, Danny Missy dalam sambutannya mengatakan, mutasi dan pergantian jabatan dalam ruang lingkup birokrasi merupakan hal yang biasa terjadi. Adapun mutasi ataupun pergantian tersebut dimasukkan agar dapat terjadi penyegaran di dalam struktur organisasi, khususnya dilingkup Pemkab Halbar.

"Namun yang paling terpenting adalah saudara-saudara yang dilantik pada hari ini mengabdi dalam dunia dan tentunya hal tersebut memiliki tanggungjawab lebih dalam memcerdesakan kehidupan bangsa,"ungkapnya

Danny bilang, masa depan generasi penerus bangsa tentunya sangat tergantung dari proses pendidikan yang akan dilaksanakan saat ini dan itu menjadi tanggung jawab bersama sebagai seorang pendidik.

"Atas dasar itulah maka melalui kesempatan ini atas nama Kabupaten Halmahera Barat saya menghimbau kepada saudara-saudara yang baru dilantik sebagai kepala sekolah agar dapat menerima jabatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap kepercayaan yang telah diberikan, tanggung jawab kepada Bangsa dan Negara, maupun Tuhan yang maha Esa

Dengan begitu, lanjut Danny, atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Halmahera Barat, saya menyampaikan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik, semoga dengan dilantiknya saudara-saudara akan memberikan semangat baru bagi pribadi saudara-saudara sekalian dalam mengemban tugas sebagai aparatur sipil negeri di Kabupaten Halmahera Barat ini.

"Selamat bekerja, bertugas dan berkarya untuk Halbar. Semoga, segala amanah dan pengabdian kita ini selalu mendapat rahmat dari tuhan yang maha kuasa."terangnya

Penulis: Zul
Editor: Red

Baca Juga