Pilkada Serentak

Setelah AGK, Yamin Dapat Wejangan Politik dari Ustadz Yahya dan Ridwan

Yamin Tawary dan || Senin 6 Januari 2020 di Kediaman Ustadz Yahya || Foto : Istimewa

Ternate, Hpost - Setelah menemui Gubernur Maluku Utara, Abd Gani Kasuba satu hari sebelumnya, Bakal Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary tak henti-hentinya melakukan silaturahmi ke sejumlah tokoh penting di Kota Ternate. Pada Senin 6 Januari 2020, kemarin ia menemui Ustadz Yahya Misbach ke kediamaanya di Kelurahan Kayu Merah.

Dalam silaturahmi itu, Ustadz Yahya banyak menasehati Yamin tentang dunia politik praktis.

Sebelumnya, pada Minggu 5 Januari 2020, Gubernur Abd Gani Kasuba (AGK) di kediamannya di Sosifi menasehati Yamin untuk tetap istiqamah dan sabar dalam menghadapi proses politik di Kota Ternate.

Menurut Yahya, harus banyak meningkatkan kewaspadaan karena politik itu penuh intrik dan fitnah. Olehnya itu mesti lebih kontinu melakukan konsolidasi tim secara rapi.

Selain itu, Yahya juga mengingatkan agar Yamin terus melakukan komunikasi kepada pihak-pihak terkait.

"Semua pihak harus dikomunikasikan, dan jaga hubungan dengan mereka secara baik" kata Yahya.

Meskipun begitu, Yahya berpesan tetaplah mengedepankan niat yang baik demi kepentingan orang banyak.

"Tapi kalo su jadi, jangan lupa masyarakat, bantu mereka untuk maju dan berkembang," ketusnya.

Di hari yang sama, Yamin juga bertandang ke rumah Ridwan Ilyas, Ketua PW Muhammadiyah Maluku Utara di kawasan Benteng Kota Janji, Ngade.

Pembicaraan keduanya bernuansa nostalgia, ketika dulunya mereka mengaktifkan organisasi Islam seperti PII, HMI, Pemuda Muhammadiyah dan Remas.

Yamin dalam kesempatan itu memohon doa restu untuk maju sebagai calon Wali Kota Ternate 2020-2025.

Ridwan mengatakan, organisasi Muhammadiyah itu independen, karena itu dirinya mengaku tidak boleh berpihak kepada siappun dalam konteks politik praktis.

"Saya secara pribadi dan sebagai sahabat dalam perjuangan menegakkan syiar Islam di Kota Ternate dan Maluku Utara, saya merestui Yamin Tawary maju sebagai calon Wali Kota Ternate," kata Ridwan.

Ridwan berpesan, agar Yamin mengkonsolidasikan niatnya kepada sahabat-sahabatnya yang sama-sama berjuang di era 70-an di Ternate.

Yang hadir juga dalam perbicaraan bersama Ridwan adalah Salim Halik, Ketua Keluarga Besar PII Maluku Utara.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga