Sekilas Info

Latihan Polda

Jelang Pilkada 2020, Polda Malut Gelar Latihan Pengendalian Massa

Direktorat Samapta Polda Maluku Utara mengelar latihan pengendalian massa di kawasan Taman Kota Ternate Kelurahan Mangga dua, Kamis 6 Februari 2020 || Foto : Bur/Hpost

Ternate, Hpost - Direktorat Samapta Polda Maluku Utara mengelar latihan pengendalian massa di kawasan Taman Kota Ternate Kelurahan Mangga dua, Kamis 6 Februari 2020. Kegiatan tersebut dalam rangka menghadapi pilkada serentak 2020 di wilayah Provinsi Malaku Utara.

Latihan tersebut melibatkan 200 personil. Latihan juga dilangkapi perlengkapan berupa latihan16 unit motor patroli, satu unit mobil watercanon, satu unit mobil pegurai massa, satu unit kendaraan rantis serta empat unit mobil dobel kabit.

Wakil Direktorat Samapta Polda Maluku Utara akbp William Simanjuntak mengatakan,  kegiatan yang baru saja dilakukan pelatihan pengendalian masa (DALMAS) untuk menhadapi situasi-situasi nasional, misalnya agenda politik atau agenda kegiatan masyarakat yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan gerakan massa.

"Kegiatan ini adalah latihan, tujuannya untuk mempersiapkan personil-personil kita dalam menghadapi situasi nasional," katanya.

William bilang, semua personilnya 300 orang tetapi tugasnya dibagi, ada yang melaksanakan piket dan ada juga yang melaksanakan patroli. Sehingga yang mengikuti latihan hanya 200 orang. Tetapi pada gilirannya, mereka juga akan dilibatkan dalam latihan-latihan seperti itu.

"Latihan-latihan selanjutnya nanti akan dijadwalkan oleh Polda," ucapnya.

Penulis: Bur
Editor: Red

Baca Juga