Sekilas Info

Mahasiswa Sula

 5000 Masyarakat Sula Siap Padati Kota Ternate dalam Kongres HPMS

Plt. DPP HPMS bersama Panitia Kongres

Ternate, Hpost - Himpunan Pelajar Mahasiswa Sula (HPMS) akan melaksanakan kongres ke IV di Kota Ternate. Kongres itu dihadiri 9 cabang HPMS. Bahkan panitia Kongres juga mengundang Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan 5 Kepala Daerah dan 5.000 orang masyarakat Sula yang ada di Ternate.

Plt. Ketua Pimpinan Pusat (PP) HPMS, Irfan Umasugi kepada Wartwan, Minggu (15/3) menjelaskan, organisasi paguyuban atau HPMS di gagas pada 1957 di Kota Malang. Setelah itu, secara resmi berdirinya organisasi ini di Kota Makssar pada 20 September 1959 dengan moto "DAD HIA TED SUA" atau bersatu mengangkat Sula.

Kemudian, dilakukan kongres pertama di Sula, Kongres ke-II di Ambon, dan Kongres ke-III di Kota Makassar. Kini, dilakukan Kongres ke-IV di Kota Ternate yang akan dilaksanakan pada 6 April 2020, bertempat di Duafa Center.

Irfan bilang, kongres yang dilalukan akan di hadiri sembilan cabang HPMS yakni, HMPS Cabang Sanana, Cabang Ambon, Cabang Namlea, Cabang Ternate, Cabang Manado, Cabang Jogyakarta, Cabang Makssar, Cabang Surabaya, Cabang Jakarta.

Selain itu, pihaknya akan mengundang Gubernur Malut, Wali Kota Ternate, Bupati Kepulauan Sula, Bupati Taliabu, Bupati Namlea, serta Kepala Desa Se-Kab Sula, Tokoh Masyarakat, dan 5000 Masyarakat Sula di Ternate.

Irfan mengatakan, meskipun HPMS adalah organisasi paguyuban tetapi selalu memperjuangkan hak masyarakat, dan kepentingan masyarakat, buktinya HPMS membuat pergerakan demi kepentingan dan hak masyarak Sula tercatat sebanyak 300 kali dengan tujuan tuntutan masyarakat Sula bisa terakomudir.

"Sebab, pemakaran Kabupaten Kepulauan Sula diperjuangkan oleh pendiri HPMS," ucapnya.

Tujuan dari kongres ini, lanjut dia, mengukuhkan kembali masa pengurusan yang baru, dan mengembalikan marwah leluhur masyarakat sula karena baca masa lalu tata masa depan itu penting untuk menuju perubahan Sula.

Dia berharap, Kongres yang akan dilakukan bisa berjalan sesuai rencana, guna menyatuhkan masyarakat sula, dengan sasaran kualitas pendidikan generasi penerus lebih baik, tingkat penghidupan masyarakat lebih layak, kesejahteraan yang merata, dan kemakmuran berkemajuan.

Sementara itu, Ketua Panitia Kongres HPMS, Bakril Duwila kepada Wartwan menuturkan, persiapan kongres di Kota Ternate sudah mencapai 90 persen, tinggal menunggu tanggal 6 April 2020 dilaksanakan kongres ke-IV yang akan diadakan di Duafa Center Kota Ternate, dan di hadiri 5000 tamu undangan asal Sula di Kota Ternate. Kemudian 9 Kepala Daerah juga hadir dalam kongres ini.

"Semoga kongres bisa berjalan dengan baik, karena kemanan dan perlengkapan lainnya telah disiapkan secara keseluruhan," pungkasnya

Penulis: Tat
Editor: Red

Baca Juga