Update Covid-19 Malut

Hasil Lab, Satu PDP Asal Halmahera Utara Negatif Corona

Infografis Update Covid-19 Maluku Utara || Grafis: Layank/Hpost

Ternate, Hpost - Satu lagi pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan, berusia 70 tahun asal Kabupaten Halmahera Utara, telah membaik dan sudah diizinkan pulang dari RSUD Chasan Boesoirie. Hal itu dipastikan setalah keluarnya hasil laboratorium dari Balai Litbangkes Jakarta, menyertakan pasien tersebut negatif Corona atau Covid-19.

“PDP Pertama usia 70 tahun asal Kecamatan Tobelo Tengah, yang diisolasi ke RSUD Chasan Boesoirie hasil labnya telah keluar dan hasilnya negatif. Sehingga pada hari ini akan dipulangkan ke Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara,” kata Koordinator Publikasi dan Kehumasan Satgas Covid-19. Deky Tawaris kepada wartawan, Sabtu 4 April 2020.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Maluku Utara, menyebutkan, total pasien PDP yang Negatif Corona dan diizinkan pulang sebanyak 4 orang, yakni Halmahera Barat 2 orang, Halmahera Selatan 1 Orang, dan termasuk 1 orang dari Halmahera Utara 1 orang.

Seperti diketahui, untuk jumlah perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di kabupaten Halmahera Utara saat ini menjadi 68 orang dan PDP menjadi 1 orang.

Menurut Deky, untuk pasien bersatus PDP Halut hanya tinggal satu orang dan masih di RSUD Chasan Bosoeri Ternate untuk mendapat penanganan intensif, serta menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

“Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Halut pertanggal 4 April 2020, jumlah pasien berstatus PDP berkurang 3 orang, sehingga tersisa 1 orang PDP sementara dirawat di RSUD Chasan Boesoieri Ternate,” katanya.

Selain itu, Deky menambahkan tiga orang berstatus ODP yang pada hari ini dinyatakan bebas dan telah selesai menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Namun, masih dalam pemantauan ketat oleh Satgas Covid-19 Pemda Halut, sejak dari awal masuk karantina.

“Total ODP yang telah bebas isolasi mandiri sebanyak 5 orang dari 73 ODP yang menjalani isolasi mandri di rumah,” jelasnya.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga