Sekilas Info

Tunjungan Kinerja

Mogok Kerja, Paramedis RSUD Chasan Boesoirie Tagih Janji

Aksi mogok para tenaga kesehatan. || Foto: Ata/Antara

Ternate, Hpost - Puluhan Aperatur Sipil Negara (ASN) tenaga kesehatan RSUD Chasan Boesoirie Ternate melakukan aksi mogok kerja, akibat Tunjangan Kinerja (Tukin) mereka, sejak tahun 2019, hingga kini belum direalisaikan oleh pihak manajemen RSUD maupun pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut).

Aksi mogok para tenaga kesehatan itu dilakukan di halaman depan Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Chasan Boesoirie, sekira pukul 09.40 WIT, Rabu 8 April 2020.

Ketuan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ifan Husni menyampaikan rasa kekecewan mereka, kepada pihak manajemen RSUD, yang hingga sekarang, belum ada kepastian, soal realisasi tukin.

ASN RSUD Chasan Boesoirie Ternate melakukan aksi mogok. || Foto: Ata/Antara

"Sehingga kami semua sepakat untuk mogok bekerja dan melakukan aksi protes di depan UGD sebagai bentuk kekecewaan tenaga kesehatan yang bekerja di RSUD Ternate," ungkap Ifan.

Kata Ifan, pada minggu kemarin, pihak RSUD sudah menjanjikan bahwa tukin akan diberikan pada Selasa 7 April 2020. Namun, hingga hari ini, tidak ada tanda-tanda tersebut, sehingga puluhan ASN yang kerja merasa kesal.

Sebelumnya, para tenaga kesehatan telah menyampaikan kekecewaan mereka itu pada Senin, 30 Maret 2020 kemarin, di Aula RSUD Chasan Boesoirie. Hari itu, mereka menyampaikan kronologi terkait dengan Tukin mereka yang belum terealisasi sejak 2019. Bahkan, masalah ini telah mereka sampaikan ke pihak pemerintah Provinsi Malut.

"Karena persoalan Tuking ini sudah berangsur lama sejak tahun 2019 hingga sekarang belum ada kepastian soal masalah pembayaran Tuking kepada puluhan ASN yang bekerja di RSUD Ternate sehingga langkah sala satunya melakukan aksi protes," ungkap Ifan,

Katanya, para tenaga kesehatan yang melakukan aksi mogok ini, terbagi dua tim, menyampaikan sikap akan terus melakukan aksi mogok hingga ada kepastian dari pihak RSUD Ternate.

"Kami akan tetap lakukan aksi protes sampai pihak RSUD Ternate mengambil kebijakan untuk lakukan pembayaran soal masalah Tukin kepada semua ASN di RSUD Ternate," tegas Ifan.

Meski pelayanan di RSUD mogok, kata Ifan, untuk pelayanan perawatan tetap berjalan seperti biasa. Ia pun berharap, pihak manajeman RSUD Chasan Boesoirie segera menyelesaikan pembayaran tukin para tenaga kesehatan.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga