Sekilas Info

Corona Virus

Update: 8 Orang Positif Covid, Transmisi Lokal Mengancam

dr Alwia Assagaf bersama dr Idhar || Foto: Ais

Ternate, Hpost - Sebanyak delapan warga Maluku Utara dinyatakan positif Covid-19, setelah  Tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, menerima hasil Laboratorium dari Makassar, Rabu 22 April 2020.

"Pada Hari ini kami telah menerima hasil laboratorium BBLK Makassar, yang sebelumnya telah kami kirimkan sebanyak 19 spesimen. Namun pada saat ini kami baru menerima 16 hasil, dengan rincian hasil terkonfirmasi positif 8 orang," papar Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19, Maluku Utara, dr Alwia Assagaf, Rabu 22 April 2020, dalam konferensi pers, di Sahid Bella Hotel, Ternate.

dr Alwia menyebutkan, pasien positif diantaranya 5 orang dari Ternate, 2 Orang dari Tobelo, dan 1 orang dari Tidore.

"Maka jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif sudah sebanyak 12 orang. Selanjutnya pasien kasus baru ini disebut sebagai kasus 05 sampai dengan kasus 12," jelas dr Alwia.

Alwia bilang, sebagian besar pasien positif adalah pelaku perjalanan. Dari 8 kasus baru tersebut 7 pasien diantaranya sudah berada di lokasi karantina, Hotel Sahid Bela Ternate. Sementara, salah satu pasien positif asal Ternate hanya menjalani isolasi mandiri.

"Kami sudah koordinasikan ke Gugus Kota Ternate, untuk menjemput pasien di rumahnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Provinsi Maluku Utara, dr Idhar Sidi Umar mengatakan, hasil laboratorium kasus baru ini sebagian besar adalah pelaku perjalanan. Dengan demikian, berpotensi terjadi penambahan jika sudah ada transmisi lokal.

"Namun kami belum bisa memastikan itu sebelum melihat hasil penyelidikan Epidemiologi, kontak erat kedelapan pasien itu," katanya.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga