Covid Maluku Utara

OTG Meningkat Lagi, 5 Pasien dari Tiga Daerah Masih Positif Covid

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Malut dr. Alwia Assagaf || Foto: Faris Bobero

Ternate, Hpost –Orang Tanpa Gejala dan reaktif rapid test terus meningkat dan tersebar hampir di semua kabupaten kota di Maluku Utara. Sementara 5 dari 11 spesimen follow up masih dinyatakan positif.

Oleh karena itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Maluku Utara meminta agar Orang Tanpa Gejala mematuhi protokoler untuk memutus mata rantai penyebaran Covid.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Maluku Utara pada Jumat 1 Mei 2020 menyebutkan,  jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG), meningkat 46 kasus menjadi 528 orang. OTG yang reaktif rapid tes sebanyak 40 orang, dari total reaktif hasil tes di seluruh kabupaten/kota.

Tercatat hanya 12 OTG yang saat ini menjalani karantina di Sahid Bella Hotel. Sementara ratusan OTG yang tersebar di kabupaten/kota hanya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: OTG Melejit Jadi 300, 66 Orang Terkonfirmasi Kontak Erat

Baca Juga: Positif Betambah Jadi 41, Morotai 4 Orang

Sumber: Pusat Data Gugus Tugas Covid-19, Maluku Utara

Jumlah akumulasi OTG sebanyak 660 orang, sementara 132 orang diantaranya telah melewati masa pemantauan.

“46 orang itu dari hasil tracking kontak pasien terkonfirmasi positif  kemarin,” papa Alwia dalam rilis yang diterima Halmaherapost.com.

Alwia juga menyebutkan, hasil 11 spesimen di-follow up sudah diterima gugus tugas pada Rabu 30 April kemarin. Hasil pemeriksaan di BBLK  Makassar itu menarangkan, 5 pasien covid Maluku Utara, masih tetap positif.

“Ternate 2 orang, Tidore Kepuluan 2 Orang, Halmahera Utara 1 Orang,” sebut Alwia.

Pasien follow up spesimen itu adalah pasien positif 07 di Ternate yang berstatus PDP, Pasien 09 ODP, kluster Gowa, pasien 10 berstatus PDP asal Tikep, dan pasien positif 11 Halut, ODP
Demak.

Penulis: Red

Baca Juga