Covid-19

TKA Asal Cina Gagal Pulang karena Reaktif Rapid Test

TKA asal Cina yang dijemput KKP Kelas II Ternate dengan APD lengkap, Kamis 14 Mei 2020, sore || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Salah satu Tenaga Kerja Asing asal China yang bekerja di pertambangan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), gagal berangkat ke Jakarta karena reaktif Rapid Test di Bandara Babullah Ternate.

“Tadi tim kesehatan periksa dan TKA itu reaktif. Tidak jadi berangkat dan dibawa ke Sahid Bella Hotel,” kata Riko Ibrahim, Kepala Pos Polisi Bandara Babullah Ternate, kepada Halmaherapost.com, Kamis 14 Mesi 2020, sore.

Riko bilang, TKA itu hendak berangkat dengan Maskapai Batik pukul 14.30. Namun, karena hasil tes reaktif, petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Ternate, dilengkapi dengan APD, langsung mengantarnya ke tempat karantina Sahid Bella Hotel.

Hal itu, juga dibenarkan oleh Kepala Bandara Babullah melalui pesan singkat. Dalam pesanya yang diteruskan oleh kepala Bandara itu, TKA tersebut dijemput dari Bandara pukul 16.50 WIT.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr.Alwia Assagaf mengatakan, TKA asal China tersebut akan dilakukan pemeriksaan Swab Test, sehingga dapat diketahui hasilnya nanti.

Menurut Alwia Assagaf, pemeriksaan kesehatan bagi TKA asal China yang akan dipulangkan merupakan salah satu persyaratan selama masa pandemic Covid-19.

“Pemeriksaan kesehatan berupa rapid test salah satu syarat untuk orang yang akan berangkat, termasuk TKA yang akan dipulangkan,” kata Alwia Assagaf yang juga Ketua Wikayah IDI Malut.

Alwia Assagaf juga menyatakan, telah menyampaikan ke PT IWIP agar setiap tenaga kerja yang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan harus disampaikan sehari sebelum pemulangan.

Yang terjadi setelah TKA berada di bandara baru dilakukan pemeriksaan kesehatan. “Ini akan menyulitkan tim kesehatan, karena masih banyak pekerjaan lain sehingga butuh koordinasi dari awal,”sebut Alwia.

Penulis: Red

Baca Juga