Covid-19

Waspada, Transmisi Lokal Covid-19 di Maluku Utara Capai 5 Orang

dr Alwia Assagaf bersama dr Idhar || Foto: Ais

Ternate, Hpost - Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Maluku Utara mengungkapkan kasus transmisi lokal untuk generasi ke dua mencapai 5 orang.

"Sudah ada transmisi lokal kepada kasus 67, 68, 76, 80, dan 92," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Malut, Alwia Assagaf, dalam konferensi pers pada Senin 18 Mei 2020.

Sedangkan kasus terkonfirmasi Positif, kata Alwia, terjadi penambahan 1 laki-laki atas nama SS (34) dari kelurahan Maliaro, Kecamatan Ternate Tengah. SS berstatus awal ODP, sesuai hasil pemeriksaan melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 12 spesimen dan hasilnya 1 orang terkonfirmasi positif.

“Jadi kasus terkonfirmasi positif di Maluku Utara secara kumulatif menjadi 93 orang,” katanya.

Sementara itu, lanjut Alwia, Orang Tanpa Gejala (OTG) terjadi penambahan sangat signifikan sebanyak 13 orang di Halmahera Utara dan Kota Ternate, secara kumulatif  911 orang. Hal ini dikarenakan adanya tracking terhadap pasien yang positif.

Untuk Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) terjadi pengurangan sebanyak 6 orang dari Halmahera Utara dan Tidore Kepulauan, karena telah selesai masa pemantauan, jadi jumlah ODP secara kumulatif sebanyak 115 orang.

"Sedangkan, Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 16 orang karena ada penambahan 1 orang di Kota Ternate," ungkapnya, sembari mengatakan, jumlah kasus sembuh 12 orang dan meninggal tetap 4 orang.

Alwia menambahkan, untuk pemeriksaan rapid test yang dilaksanakan pemeriksaan kepada 3.835 orang, dan didapatkan hasil 201 orang reaktif yaitu 90 OTG, 44 ODP, 7 PDP, dan 60 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 3.634 orang dengan hasil rapid test non reaktif.

"Yang dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 18 orang diantaranya, 15 kasus positif, 2 PDP, dan 1 Orang ODP. Da  yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 61 orang yakni, 41 pasien terkonfirmasi positif, 12 OTG, 1 PDP, dan 7 pelaku perjalanan," tutupnya.

Penulis: Dim
Editor: Red

Baca Juga