Covid-19

Patuhi Protokol, Puluhan Pasien Positif di Maluku Utara Sembuh

Design: Layank

Ternate, Hpost - Empat pasien positif Covid-19 di Maluku Utara dinyatakan sembuh, Rabu 27 Mei 2020, kemarin. Dengan demikian total pasien sembuh di Maluku Utara bertambah menjadi 21 orang. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi faktor utama kesembuhan pasien.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR dari laboratorium BTKL-PP Manado, follow up terhadap 14 spesimen yang terdiri atas 7 orang dengan hasil 4 pasien dinyatakan negatif kedua, sehingga sudah dapat dinyatakan sembuh,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas, Percepatan Penanganan dr. Alwia Assagaf

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut merinci empat pasien sembuh tersebut masing-masing Pasien 035, ABK Dorolonda asal Jawa Tengah dengan status sebelumnya OTG-Positif Covid. Pasien 040, asal Kayu Merah Ternate, status sebelumnya OTG-Positif Covid. Pasien 041,asal Kayu Merah Ternate dengan status sebelumnya ODP-Positif Covid. Pasien 060, asal Bobawa Kecamatan Malifut, Halmahera Utara, dengan status sebelumnya ODP-Positif Covid.

Alwia bilang, faktor yang paling mendukung kesembuhan hingga saat ini adalah kepatuhan pasien positif terhadap protokol kesehatan selama masa karantina dan isolasi.

“Mereka sembuh karena kepatuhan terhadap pengobatan dan anjuran dokter terkait physical distancing. Dengan demikian, imunitas pasien diharapkan akan meningkat dan bisa pulih,” kata Alwia, yang juga sebagai Ketua IDI Wilayah Maluku Utara.

Sebelumnya kepada Halmaherapost.com, April 2020 kemarin, Alwia mengatakan, karantina dan isolasi terhadap pasien positif Covid-19 bertujuan untuk mencegah adanya penularan, terutama transmisi lokal.

"Sebenarnya pasien positif bisa mengisolasi diri sendiri di rumah dengan protokol kesehatan dan asupan vitamin yang tepat dan teratur berdasarkan standar yang telah ditetapkan WHO. Namun, tidak ada yang bisa menjamin pasien taat protokol, sehingga perlu ada karantina dan isolasi di bawah pengawasan dokter dan paramaedis," paparnya.

Alwia menyebutkan, kesadaran pasien terkait kondisi yang dialaminya juga sangat mendukung penyembuhan pasien.

Dalam tiga hari berturut-turut, Gugus Tugas telah mengumumkan 9 kesembuhan pasien positif Covid. Sebelumnya, Senin 25 Mei 2020, tercatat 2 pasien sembuh, yakni FA asal Kota Tidore Kepulauan dan Pasien B asal Ternate. Sementara, pada Selasa 26 Mei 2020, Gustu juga telah mengumumkan 3 pasien sembuh, yakni pasien 14 asal Tikep, serta Pasien 34 dan 36 asal Ternate. Dua pasien terakhir ini merupakan ABK KM Dorolonda.

Penulis: Dim

Baca Juga