Sekilas Info

Pendidikan

Dua Cara Pendaftaran Siswa Baru di Kota Ternate

Kepala bidang SMP Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Ternate, Ruslan Mustafa || Foto: Qra/Hpost

Ternate, Hpost - Pendaftaran penerimaan siswa baru di tahun ajaran 2020-2021 untuk tingkat SD dan SMP di Kota Ternate segera dibuka. Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun offline.

"Pendaftaran penerimaan siswa baru dibuka serentak pada tanggal 8, 9 dan 10 Juli 2020. Sedangkan untuk pra penerimaan pada 6 dan 7 Juli 2020," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Ternate, Ruslan Mustafa kepada Halmaherapost.com, Selasa 23 Juni 2020.

Ruslan mengatakan, dari 138 sekolah SD dan SMP hanya 19 sekolah yang menggunakan sistem pendaftaran online. Pihaknya sekolah akan menyediakan link website untuk pendaftaran online. Dari website, pandaftar bisa memasukan persyaratan sesuai petunjuk yang telah tersedia.

Sementara itu, pendaftaran offline dilakukan dengan mengisi formulir yang disiapkan oleh sekolah dan diisi oleh siswa kemudian dimasukan ke panitia untuk didaftar kembali.

Pendaftaran tidak dipungut biaya, kecuali untuk sarana prasarana merupakan kebijakan dari sekolah dan komite masing-masing.

"Untuk sarana prasarana tetap kembali ke komite sekolah, untuk pendaftaran tetap gratis," singkatnya

Ruslan bilang, penerimaan siswa baru di tengah pandemi Covid-19 semuanya menggunakan protokol kesehatan.

"Jadi pendaftaran offline bagi siswa dan panitia wajib menerapkan pemakaian masker, jaga jarak dan menggunakan hand sanitizer," imbuhnya.

Penulis: Qra
Editor: Firjal

Baca Juga