Anggaran Pilkada

BPKAD: Anggaran Pilwako Ternate Dicairkan Bertahap

Kepala BPKAD, Setda Kota Ternate, Taufik Jaoha, ketika diwawancarai usai kegiatan di gedung BPK Provinsi Malut, Selasa 21 Juli 2020 || Foto: Qra/Hpost

Ternate, Hpost – Tahapan Pilkada Kota Ternate dipastikan akan berjalan sesuai jadwal, setelah Pemerintah Kota Ternate, melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), memastikan dalam waktu dekat akan mencarikan anggaran pilkada secara bertahap.

“Untuk anggaran pilkada yang diberikan pemkot ke KPUD kota Ternate sebesar Rp 50 Miliar namun anggaran tersebut tidak dicairkan secara keseluruhan, artinya bertahap. Sekarang sedang di proses, dan satu dua hari ke depan segera dicairkan," ungkap Kepala BPKAD, Setda Kota Ternate, Taufik Jaoha, ketika ditemui usai kegiatan di gedung BPK Provinsi Malut, Selasa 21 Juli 2020.

Taufik bilang, untuk anggaran sisa yang akan dicairkan ke KPUD Kota Ternate sebesar Rp17 Miliar. Anggaran tersebut dibagi untuk Bawaslu Kota Ternate sebesar Rp7 miliar dan sisanya Rp10 miliar ke KPUD kota Ternate.

Sementara untuk pengamanan keamanan TNI/Polri sebesar Rp6 miliar yang terbagi pada TNI Rp1,5 miliar dan Polri sebesar Rp4,5 miliar.

Untuk pengamanan keamanan kata dia, tergantung permintaan. Pasalnya, hingga saat ini yang sudah masukan permintaan baru KPUD dan Bawaslu kota Ternate.

"Karena keamanan kan musti revisi NPHD kan, seperti di pasal 4 ayat C  itu soal penyaluran pembayaran dilakukan bertahap tiga kali, sesuai dengan perubahan dari permendagri 41," pungkasnya.

Untuk NPHD KPUD dan Bawaslu, dia mengaku sudah direvisi. "Kemarin saya sudah diberitahu dan sudah tanda tangan," singkat Taufik.

Penulis: Qra
Editor: Firjal

Baca Juga