Partai Politik

Empat Parpol di Kota Ternate Belum Ajukan Permintaan Bantuan Keuangan

Ilustrasi

Ternate, Hpost - Bantuan keuangan untuk 12 partai politik (Parpol) tahun anggaran 2020, baru direalisasikan kepada 6 parrtai politik (parpol). Partai Demokrat, PKB, PKS dan partai Berkarya belum mengajukan permintaan.

Pemerintah Kota Ternate telah menyiapkan anggaran Rp800 juta kepada 12 parpol tersebut.

Sebanyak 12 Parpol yang memiliki kursi di (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) DPRD sudah di audit oleh (Badan Pemeriksa Keuangan) BPK. Tetapi  pengusulan untuk pencairan anggaran ini sudah setengah dari jumlah Parpol yang ada.

Kepala Kesbangpol Kota Ternate, Abdullah Sadik mengemukakan, bahwa di tiap-tiap parpol nilainya berbeda-beda, karena sesuai dengan perolehan suara sah yang diputuskan oleh (Komisi Pemilihan Umum) KPU.

"Besaran bantuan keuangan sesuai ketentuan di hitung per satu suara di Kota Ternate yang ditetapkan oleh keputusan walikota senilai Rp 8.090 persatu suara," kata Abdullah Sadik, saat disambangi Halmaherapost.com di Kantor Wali Kota Ternate, Rabu 5 agustus 2020

Menurutnya untuk pengusulan anggaran ini baru 6 parpol yakni partai Gerindra, PPP, Nasdem, PBB, Hanura dan PAN yang sudah terealisasi tetapi syaratnya harus diaudit oleh BPK, sementara untuk Golkar dan PDIP masih dalam tahapan proses.

"Kalau di usulkan di Kesbangpol atau Pemerintah Kota, nantinya dokumen usulan diverifikasi oleh tim sesuai dengan ketentuan Peraturan Dalam Negeri.”

"Setelah diverifikasi, maka dicairkan melalui dinas keuangan ke rekening masing-masing partai," tutup Abdullah.

Penulis: Qra
Editor: Firjal

Baca Juga