Mahasiswa IAIN

FSEI IAIN Ternate Lepas 272 Mahasiswa (P3S)

TERNATE, Hpost - Sebanyak 272 mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Ternate, mengikuti pembekalan Pendidikan Praktikum Profesi Syariah (P3S).

Rektor IAIN Ternate Dr. Samlan Ahmad, M.Pd, dalam sambutannya berharap praktikum profesi syariah dapat terlaksana dengan baik meskipun pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu, kata rektor, selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan baik oleh pihak kampus maupun Instansi tempat pelaksanaan magang nanti.

"Karena sebagian besar peserta magang P3S berasal dari mahasiswa jurusan Ekonomi Islam, diharapkan dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip syariah dalam praktiknya dengan maksimal. "pintanya saat memimpin pembekalan via Zoom Cloud Meeting.

Terpisah, Ketua Panitia P3S FSEI 2020, Rahmat Hi. Abdullah, SH.MH., menambahkan dalam P3S FSEI 2020 diikuti 272 mahasiswa terdiri dari 83 mahasiswa Jurusan Syariah dan 189 mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam.

Menurut pria lulusan Magister Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu, bahwa pelaksanaan P3S FSEI 2020 dilaksanakan secara Online. Bahkan pada beberapa instansi lokasi penempatan mahasiswa P3S, disyaratkan harus dengan hasil Rapid-Test guna menjamin keselamatan mahasiswa, serta tenaga kerja lainnya.

"Saya berharap hal tersebut tidak meniadakan kompetensi Praktikum Profesi Syariahnya. Panitia bahkan merencankan melakukan penyamaan persepsi antara Instruktur Mahasiswa, dengan Dosen Pembimbing guna menjamin kompetensi tersebut. "ungkapnya.

Secara substansial P3S, sambung Rahmat, sesungguhnya merupakan bentuk implementasi dari kurikulum yang telah ditetapkan. Yang mana, P3S merupakan program fakultas dalam hal memberikan bekal kepada mahasiswa, khususnya terhadap profesi yang nanti diemban atau ditekuni setelah lulus.

"Untuk itu, pengembangan kemampuan akademik mahasiswa melalui P3S, menjadi sebuah keniscayaan bagi fakultas dalam pelaksanaannya. "akunya.

Usai pembekalan dilanjutkan dengan pemberian materi Sesi-I dengan narasumber Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. Basaria Nainggolan, M.Ag dengan tema Etika Profesi Syariah.

Pembekalan akan berlangsung selama dua hari dengan variasi materi yang diisi beberapa narasumber seperti Bayu Andi Prasetya, S.E., M.Si. (Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara). Drs. Djabir Sasole, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Kelas 1B Ternate). H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I.(Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara). dan Abdul Muin (Direktur Bank Mandiri Syariah Cabang Ternate).

Penulis:
Editor: Red

Baca Juga