Pilwako Kota Ternate

Besok, Debat Publik Terbuka Pilkada Kota Ternate 2020

Ilustrasi Debat Kandidat

TERNATE,Hpost - Bila aral tak melintang, KPU Kota Ternate bakal menggelar debat publik terbuka, di Ballroom Sahid Bela Hotel Ternate, 27 Oktober 2020.

Debat yang dimulai sekitar pukul 20:30 WIT, menerapkan protokol kesehatan salah satunya membatasi jumlah tamu undangan yang hadir.

Menurut Komisioner KPU Kota Ternate, Soleman Patras debat publik di tahap pertama, mengangkat tema "Ternate Mencari Pemimpin, Peningkatan Kesejahteraan dan Pelayanan Kepada Masyarakat Kota Ternate".

Sesuai P-KPU nomor 13 tahun 2020 dan Juknis 465, KPU tetap menerapkan protokol kesehatan serta membatasi tamu undangan.

"Jadi, undangan yang akan hadir besok (27/10-red), yakni Pasangan Calon (Paslon) dengan jumlah kandidat 8 orang, ditambah tim masing-masing Paslon sebanyak 4 orang. Jadi tiap kandidat ada 6 orang sehingga totalnya sebanyak 24 orang, yang bisa masuk ke ruang debat," jelasnya.

Selain Paslon dan tim, lanjut Soleman, hadir juga KPU Kota Ternate, Bawaslu Kota Ternate, KPU Provinsi Malut dan tim penyusun materi.

"Untuk Paslon dan tim masing-masing hanya 6 orang," paparnya.

Pada debat nanti, akan dibagi dalam 6 segmen. Dimana pada segmen pertama, pemaparan visi dan misi. Segmen ke dua dan ke tiga, yakni pendalaman visi dan misi.

Sedangkan segmen ke empat dan kelima, kandidat akan diberikan waktu untuk debat terbuka, dimana semua kandidat akan diberi kesempatan untuk saling tanya jawab, dan segmen ke enam yakni Clossing Statemen.

"Kita berikan izin kepada masing-masing Paslon, untuk membawa pena dan kertas, yang mungkin saja ingin menulis atau menampung pertanyaan dari lawan kandidat.

"Untuk durasi debat, dilakukan selama 150 menit. Yang diantaranya 120 menit debat dan 30 menit jeda iklan," pungkasnya.

Penulis: Qra
Editor: Red

Baca Juga