Sekilas Info

Dana Covid-19

Ini Catatan BPK untuk Pemkot Ternate

Yusuf Sunya || Foto: Facebook

Ternate, Hpost - Guna meninjau kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sejauh ini, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku utara (Malut), menyambangi Kantor Wali Kota Ternate, Selasa 17 November 2020.

Dihadapan sejumlah awak media, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Jusuf Sunya menjelaskan, kunjungan dilakukan dengan maksud memantau sekaligus pemeriksaan kinerja terinci, dan penggunaan dana covid-19 di Kota Ternate.

"Jadi hasil pemeriksaannya bagus. Dan, kinerja terinci serta penggunaan dana covid-19 oleh BPK Malut dan Ternate, menjadi salah satu Pilot yang dianggap bagus," katanya.

Meski dinilai bagus, namun masih ada beberapa catatan penting yang harus diperbaiki dan dikoordinasikan. Misalnya dalam hal penanganan covid-19, yang mana Pemkot tidak sendirian. Melainkan membutuhkan koordinasi dengan TNI/Polri, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Menurut BPK, sambung Sekda, permasalahan di masa pandemi covid-19 yang luput dari Pemkot ialah tracking dan treatment, yang dinilai belum maksimal.

Kantor BPK RI Perwakilan Maluku Utara || Foto: Istimewa

"Kita hanya punya Rapid Test, sedangkan untuk Swab Test harus dilakukan diluar kota," ujarnya.

Swab Test menjadi sorotan lantaran tidak tersedia di lapangan. Sehingga Pemkot diminta untuk menyediakan serta memperbaiki penanganan covid-19, yang bisa saja menjadi contoh baik untuk kota-kota lain.

Sekda bilang, penanganan covid-19 di Kota Ternate sudah berjalan maksimal. Yang mana dengan anggaran penanganan yang terbatas, Tim Satgas telah melakukan tugas dan upaya-upaya dengan baik dan benar. Meski tidak menampik, sampai kapan pandemi ini akan berakhir.

"Paling tidak, upaya-upaya pencegahan dan lain sebagainya tetap dilakukan," pungkasnya.

Penulis: Qra
Editor: Awi

Baca Juga