Yamin Ada

YAMIN-ADA Pastikan Gaji PTT di Ternate Capai Rp 3 Juta

Ketua Komisi II, DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid, saat diwawancarai awak media, usai kunjungan di Disperindag Ternate, pada Selasa 23 Juni 2020 || Foto: Qra/Hpost

Ternate, Hpost - Gaji Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kota Ternate selama ini masih dibawah Upah Minimum Kota (UMK) yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Walikota (SK) No 504/KPTS/MU/2019 tanggal 5 November 2019 terkait kenaikan UMK Kota Ternate.

Hal itu menjadi sorotan dalam kampanye Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary dan Abdullah Tahir ( YAMIN ADA) di Kelurahan Ubo-ubo, Ternate Selatan, 25 November, malam ini.

Juru Kampanye YAMIN ADA, Mubin A. Wahib mengatakan, selama ini pemerintah Kota Ternate berlaku zolim terhadap PTT, pasalnya upah yang mereka terima tidak sesuai dengan UMK yang ditetapkan walikota.

"Ini tidak boleh dibiarkan. Kita paksa mereka kerja dari pagi sampai sore, tapi mereka hanya digaji 750 ribu untuk PTT yang berijazah SMA, dan sarjana 1 juta 50 ribu," katanya.

Apa yang dialami PTT ini, kata Mubin, adalah bentuk pelanggaran terhadap hak hidup layak warga negara yang diisyaratkan dalam UUD 1945.

"Bahwa setiap warga negara berhak hidup layak di negara ini. Di beberapa daerah di Sulawesi sudah menerapkan UMK, kita di Kota Ternate hingga saat belum diterapkan," papar dia.

Meskipun begitu, Mubin menjamin, di era pemerintah YAMIN ADA nanti, gaji PTT akan disesuaikan dengan UMK yakni Rp. Rp. 3.282. 987 per bulan.

"Di hadapan Pak Yamin saya katakan, jika terpilih jadi walikota Ternate, maka gaji PTT itu harus sesuai UMK yang telah ditetapkan melalui surat keputusan walikota. Para PTT tidak diperlukan secara zolim seperti ini," tandas politisi PPP ini.

Mubin menyakinkan, bahwa di tangan pemerintah YAMIN ADA kondisi kehidupan Kota Ternate akan lebih baik dari harga ini.

"Mengapa saya yakin Pak Yamin bisa wujudkan itu. Karena dari empat calon ini, hanya Pak Yamin punya kemampuan lobi di Jakarta untuk memperbesar APBD kita" ketusnya.

Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary mengaku, apa yang disampaikan Mubin itu sangat tepat. Bahwa APBD Kota Ternate perlu diperbesar dari hari ini.

"Langkah pertama yang saya lakukan setelah terpilih adalah memperbesar belanja kita, supaya semua yang kita rencanakan dapat dilakukan. Jika anggaran ada, semuanya bisa dilaksanakan," tutupnya.

Penulis:

Baca Juga