Sekilas Info

Ketenagakerjaan

Cara Harita Nickel Perkuat SDM pada Peringatan Bulan K3

Suasana kegiatan dalam perayaan Bulan K3 di Perusahaan pertambangan dan hilirisasi Harita Nickel. Foto: Istimewa

Bacan, Hpost - Perusahaan pertambangan dan hilirisasi Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, menggelar kegiatan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Peringatan ini berlangsung sejak 12 Januari–12 Februari 2021dan digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Seperti siaran pers yang diterima cermat, tema Bulan K3 Nasional yang diusung pada tahun ini yaitu “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”.

Perayaan ini diisi dengan beragam kegiatan, antara lain lomba memasang alat pelindung diri (APD), lomba pertolongan pertama (first aider), lomba penyampaian informasi K3 (safety talk), lomba berkendara aman (safety driving), lomba foto dan video K3, serta lomba kebersihan ruang kerja.

Selain itu, ada pula kegiatan seperti pertandingan badminton, pertandingan bola voli, pertandingan tenis meja, serta lomba jalan sehat. Semua kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Tomy Bongga selaku Safety Engineer Supervisor, menjelaskan bahwa selama 2020, HPAL tidak mengalami Lost Time Injury (LTI). Dengan kata lain, tidak ada kasus cedera atau kecelakaan yang berdampak pada berkurangnya jam kerja.

Tomy lantas mengajak segenap karyawan untuk melakukan dua hal, yakni mematuhi setiap peraturan yang telah ditetapkan karena sejatinya itu untuk kebaikan bersama.

“Tolong ingatkan rekan Anda yang berperilaku tidak aman. Semua harus bertindak sebagai petugas keselamatan yang bertanggung jawab kepada diri dan lingkungan sekitar,” ujar Tomy.

Suasana upacara perayaan Bulan K3 di Perusahaan pertambangan dan hilirisasi Harita Nickel. Foto: Istimewa

Sementara itu, Kristianto selaku Pembina Upacara menyampaikan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah terkait penyelenggaraan Bulan K3.

Ia bilang, para pekerja harus benar-benar memerhatikan langkah 3M dalam mencegah penyebaran COVID-19, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Selain itu, perlu juga diperhatikan konsep 3N dalam penerapan K3.

“Dalam pelaksanaan K3, kita buat istilah 3N yaitu nihil kecelakaan kerja, nihil pelanggaran norma K3, dan nihil penindakan hukum K3,” ujar Kristianto yang merupakan Health, Safety, Environment (HSE) Superintendent HPAL.

Penulis:

Baca Juga