Manasik Haji Mandiri di Halmahera Tengah Libatkan Petugas Kesehatan

Bimbingan manasik haji mandiri yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Weda, HPost - Manasik haji mandiri digelar oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), pada Selasa 9 Februari 2021. Manasik ini juga melibatkan petugas kesehatan atau petugas kloter.

“Manasik haji kali ini tidak hanya membekali aspek ibadah, namun juga menyiapkan kondisi kesehatan jemaah haji,” ucap Kepala Kantor Kemenag Halmahera Tengah H.M. Qubais Baba. Dalam kesempatan itu, kepala kantor juga didampingi Seksi PHU Kemenag Halteng H Aksa Muhammad.

Ia bilang, kegiatan manasik ini sering dilakukan dengan tujuan untuk memantapkan kesiapan para Calon Jamaah Haji (CJH) untuk melaksanakan rukun islam yang kelima.

“Melalui bimbingan manasik inilah nantinya kita diajarkan berbagai hal yang harus kita lakukan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji baik dari aspek syar'i maupun aspek kesehatan," ujarnya.

Ia berharap, ibadah haji tahun ini bisa dilaksanakan secara terbuka oleh pemerintah Arab Saudi, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Karena masyarakat yang mendaftar untuk melakukan ibadah haji semakin hari semakin bertambah jika tahun ini tidak ada pelaksanaan haji maka antrian untuk berhaji semakin lama juga,” ungkapnya.

Pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini, kata dia, kemungkinan dilaksanakan sesuai dengan jumlah kuota tahun lalu, kemungkinan kedua ibadah haji bisa dilaksanakan akan tetapi hanya separuh kuota tahun lalu dan kemungkinan ketiga adalah tahun ini tidak dibukanya lagi akses CJH dari seluruh dunia oleh Pemerintah Arab Saudi seperti tahun lalu.

“Maka dari itu untuk untuk seluruh CJH agar tetap menjaga kesehatannya dan selalu bermunajat kepada Allah dan jangan pernah lelah berdoa kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, bimbingan manasik diisi oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Malut, H. Ridwan Kharie didampingi Kepala Seksi Pembinaan Haji Reguler dan Pengelola Administrasi Dana Haji Kanwil Kemenag Provinsi Malut H. Syarif Ibrahim, dan juga dokter beserta tim dari Dinas Kesehatan  Halteng serta JCH daerah Weda dan sekitarnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Rajif

Baca Juga