Pusat Perbelanjaan

Diresmikan 15 Februari, Plaza Gamalama Ternate Belum Ada Pengelola

Plaza Gamalama Modern, proyek multiyears pemkot Ternate yang sudah 80 persen dikerjakan || Foto: Supriyadi/JMG

Ternate, Hpost – Pusat perbelanjaan Plaza Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, bakal diresmikan oleh Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman pada Senin 15 Februari 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ternate, Risval Budiyanto mengatakan, meski peresmian dilakukan dalam waktu dekat, namun sampai saat ini belum ditentukan siapa pengelolanya.

Berdasarkan hasil kesepakatan, Pemerintah Kota Ternate memutuskan pengelolaan Plaza Gamalama dilakukan oleh pihak ketiga. “Terkait pengelolaan ini kan ada mekanismenya. Kalau mekanisme itu kan dengan batas waktu jabatan wali kota itu tidak sempat,” katanya.

Ia menjelaskan, mengenai prosedur penentuan pengelola akan dilakukan tender khusus untuk diserahkan ke pihak ketiga. Dalam tender, akan dinilai dari berbagai sisi. Terutama kelayakan calon pengelola.

“Tentu pengelola harus yang mumpuni dan punya kapasitas pengelolaan yang baik. Nanti akan diminta paparan. Pengalaman juga masuk dalam penilaian, strategi dan pengelola harus punya kemampuan dasar keuangan yang cukup, karena kita tidak melakukan subsidi,” katanya.

Dalam paparan itu juga, calon pengelola dituntut menjelaskan soal siapa saja penyewa (tenant) yang akan dilobby, khususnya penyewa besar (anchor tenant).

Karena menurut Risval, penentuan penyewa ini juga menjadi faktor penting agar masyarakat tertarik berkunjung ke Plaza Gamalama.

Tak hanya Plaza Gamalama, peresmian itu juga dilakukan sekaligus dengan Sport Hall yang terletak di Kelurahan Ubo-ubo, Ternate Selatan. Berbeda dengan Plaza Gamalama, pengelolaan gedung olahraga ini akan diserahkan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Jika Dispora melakukan take over pengelolaan gedung ke pihak ketiga, itu nanti keputusannya Dispora,” tandasnya.

Penulis: Rizal Syam
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga