Diplomatik

Dubes Spanyol Lirik Hasil Bumi dan Pariwisata di Maluku Utara

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Mr. Jose Maria Matras Manso saat melakukan kunjungan kerja di Maluku Utara. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia Mr. Jose Maria Matras Manso, didampingi atase keamanan dan atase bidang perdagangan melakukan kunjungan kerja di Ternate, Maluku Utara.

Dalam kesempatan itu, Jose kepada Halmaherapost.com, Senin 15 Februari 2021, mengaku takjub dengan kekayaan alam di Indonesia, khususnya Maluku Utara. Bagi dia, Maluku Utara tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tapi juga pariwisata yang menjadi keunggulan tersendiri.

Maluku Utara yang kaya komoditi seperti kelapa, cengkeh, pala dan hasil bumi lainnya, serta ditambah keindahan alam berupa laut dan pegunungan, menjadikan daya tarik tersendiri. Bahkan peluang bisnis bagi investor, baik lokal maupun mancanegara, sangat terbuka.

Ini dipandang potensial oleh Kedutaan Besar Spanyol, yang tidak hanya melihat ini sebagai sesuatu yang baru. Sebab sejak ratusan tahun lalu, Maluku Utara sudah dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil rempah-rempah yang melimpah di Indonesia.

"Kita mulai dari mempraktekan sesuatu dengan hal baru. Kenapa tidak, Spanyol dan Indonesia bisa berjalan bersama dan kita akan mencoba mengkombinasikan ini dengan turis Spanyol. Karena turis sangat tahu Maluku Utara adalah bagian terindah dari Indonesia," katanya.

Jose mengaku yakin, bahwa kekayaan alam seperti kelapa, cengkeh, pala dan komoditi lainnya adalah jenis yang tidak ada di negara lain. Dan ini akan menjadi poin penting dalam ekonomi definitif kepulauan. "Tentu ini sangat penting, seperti dunia baru," kata Jose.

Ia berharap, ke depan bisa ada kerjasama antara Spanyol dan Indonesia untuk mengembangkan perekonomian dan pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya di Maluku Utara.

"Indonesia, Maluku Utara, memiliki orang-orang yang luar biasa. Saya melihat dan juga menyapa orang-orang di Ternate yang penuh keramahan. Selain itu Ternate juga hebat, indah, sangat natural,” tuturnya.

Sekadar diketahui, kuker selama dua hari di Maluku Utara ini terkait persiapan kedatangan kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano, sebagai bagian dari perayaan 500 tahun Magellan dan Elcano mengelilingi dunia.

Dalam pertemuan bersama Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman di Kantor Wali Kota, Jose bilang tujuan kunjungan ini karena pada 27 Maret 2021 akan berlabuh kapal latih Spanyol Juan Sebastian Elcano, di perairan antara Ternate dan Tidore.

Kapal tersebut telah memulai pelayaran dari Spanyol sejak Okotber 2020 lalu dan diprediksikan akan tiba di Maluku Utara pada 27 Maret 2021. "Perjalanan ini merupakan bentuk penguatan hubungan bangsa Spanyol dan Indonesia yang pernah terjadi sekitar 500 tahun lalu di Maluku Utara," ujar Jose.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga