Kepala Daerah

Pelantikan 4 Kepala Daerah Terpilih di Maluku Utara 26 Februari

Ilustrasi pelantikan kepala daerah. || dok: puskapik.com

Sofifi, Hpost – Pelantikan 4 kepala daerah di Maluku Utara hasil Pilkada 2020 akan dilaksanakan secara tatap muka pada Jumat 26 Februari 2021.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Politik Hukum, Idham Umasangaji, kepada wartawan Rabu 24 Februari 2021, usai rapat secara virtual dengan Kemendagri yang digelar di kantor perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Ia bilang, ada sebanyak 34 provinsi yang mengikuti rapat secara virtual dengan Kemendagri. “Pelantikan akan berlangsung di Sofifi dan Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah, akan melantik dan disaksikan secara virtual oleh Mendagri di Jakarta,” jelasnya.

Ia mengaku, peserta yang hadir dalam pelantikan pun sangat dibatasi. Rencananya, hanya bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota beserta istri. “Jadi setiap daerah hanya boleh empat orang dan bertempat di Aula Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi, sekitar pukul 15.00 WIT,” terangnya.

Dalam pelantikan ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, pemerintah juga akan menyiarkan secara langsung ke empat daerah dan masyarakat bisa menyaksikannya lewat link yang akan dibagikan.

Sekadar diketahui, empat kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang akan dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu, Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Yamin
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga