Pelayanan

Pesan Gubernur Maluku Utara dalam Kunjungan Perdana di RSJ Sofifi

Kunjungan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, di Rumah Sakit Jiwa Sofifi. || Foto: Istimewa

Sofifi, Hpost – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, melakukan kunjungan resmi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi, Jumat 26 Februari 2021 pukul 10.30 WIT.

Rombongan Gubernur diterima Direktur RSJ, dr. Mohammad Alhabsy, Ketua Komite Medik sekaligus dokter Spesialis Jiwa dr.Yazzit Mahri, beserta jajaran lainnya.

Dalam kunjungannya, Gubernur membesuk para pasien sekaligus melihat fasilitas pelayanan berupa UGD dan ruang Poliklinik pelayanan rawat jalan di RSJ Sofifi.

Direktur RSJ Sofifi, dr.Mohammad Alhabsy, mengaku ini merupakan kunjungan pertama Gubernur Abdul Gani Kasuba sejak RSJ Sofifi resmi beroperasi pada 10 Agustus 2020.

“Pak Gubernur meminta agar RSJ Sofifi harus tetap menjadi pusat rujukan provinsi dan wajib meningkatkan kinerjanya,” ucap dr. Mo – sapaan akrab – Mohammad Alhabsy, dalam keterangan tertulis yang diterima Halmaherapost.com.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, meninjau sejumlah fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Sofifi. || Foto: Istimewa

Selain itu, lanjut dia, Gubernur berharap pemerintah kabupaten kota lewat lewat Dinas Sosial agar dapat merujuk pasien jiwa ke RSJ Sofifi. “Intinya, kinerja di RSJ Sofifi harus ditingkatkan,” tandasnya.

Moh menjelaskan, sejak 10 Agustus 2020 RSJ Sofifi sudah mengantongi 367 kali kunjungan rawat jalan. Sedang sejak 1 Desember 2020 RSJ Sofifi sudah menerima 25 pasien rawat inap. Hari ini, Jumat 26 Februari 2021, terdapat 5 pasien rawat inap.

“1 pasien dari Kota Ternate, 1 pasien dari Halmahera Tengah, 1 pasien dari Halmahera Selatan dan 2 pasien dari Halmahera Barat,” jelas dokter yang pernah menerima penghargaan WHO pada 2020 atas prestasi penananganan Malaria di Halmahera Selatan di 2003 dan penggagas Malaria Center Maluku Utara ini.

Sekadar diketahui, RSJ Sofifi adalah Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi dan merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

RSJ Sofifi berkedudukan di perbatasan Desa Kusu dan Desa Garojou, wilayah administratif Kota Tidore Kepulauan. Butuh waktu 15 menit akses dari pelabuhan Speedboat/Ferry dari Sofifi.

Penulis: Red
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga