Penyelewengan

DPRD Halmahera Selatan Didorong Bentuk Pansus Hunian Tetap

Wakil Ketua Fraksi PKS, DPRD Halmahera Selatan, Humein Kiat. || Foto: Istimewa

Bacan, Hpost – Sejumlah anggota fraksi mendorong pimpinan DPRD Halmahera Selatan, Maluku Utara, untuk membentuk panitia khusus hunian tetap alias huntap.

Ini menindaklanjuti hilangnya separuh dana bantuan dari rekening korban selaku penerima bantuan, setelah peristiwa gempa bumi yang terjadi pada Juli 2019 itu.

“Kami minta pimpinan DPRD Halmahera Selatan segera membentuk pansus huntap,” tegas Wakil Ketua Fraksi PKS, Humein Kiat, Kamis 4 Maret 2021.

Selaku Anggota Komisi III yang bermitra dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Humein mengaku sudah berulang kali menggelar rapat dengar pendapat terkait keluhan korban gempa di Gane.

Namun Humein menilai, penyampaian BPBD berbeda dengan masalah yang dialami korban saat ini. "Kami Komisi III merasa dibohongi oleh BPBD Halmahera Selatan," tandasnya.

Humein menjelaskan, ada banyak keluhan yang disampaikan warga kepada DPRD. Antara lain, adanya ancaman pihak BPBD kepada korban serta realisasi anggaran yang terlambat.

Baca juga: 

Dana Bantuan Korban Gempa Halmahera Selatan Hilang dari Rekening Bank

Halmahera Selatan Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa, Pasien RSUD Halmahera Selatan, Dirawat di Luar Gedung

Di mana, Pemerintah Pusat telah mentransfer anggaran pada Desember 2019. Namun baru disalurkan ke warga 8 bulan kemudian.Warga juga mengeluh karena bentuk bangunan terkesan dipaksakan BPBD.

Sebab pembangunan itu tanpa ada kesepakatan dengan korban. Termasuk duit belasan juta rupiah yang raib dari rekening tanpa sepengetahuan korban.

"Banyak persoalan yang akan kita temukan melalui pansus. Karena pembentukan pansus huntap sini angat penting, tentu agar masalah ini tidak simpang-siur," jelas Humein.

Senada diungkapkan Ketua Fraksi PKB Safri Talib, Ketua Fraksi Golkar Idrus Assagaf, dan Sekretaris Fraksi Gerindra Ruslan Mohdar. Mereka menilai sejauh ini penanganan pascagempa belum tuntas. Padahal sudah berlangsung hampir 2 tahun.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Halmahera Selatan, Muslim Rakib, menyambut baik usulan pembentukan Pansus Huntap tersebut. "Kalau fraksi-fraksi sudah usulkan, maka secepatnya akan kita bentuk," ujar Muslim.

Penulis: Safri Noh
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga