Pemerintahan

Kadis ESDM Maluku Utara Resmi Dilantik Penjabat Wali Kota Ternate

Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali, saat melantik Kepala ESDM Maluku Utara, Hasyim Daeng Barang sebagai Penjabat Wali Kota Ternate. || Foto: Istimewa

Sofifi, Hpost – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara, Hasyim Daeng Barang, resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Ternate.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Kantor Gubernur Maluku Utara itu, Rabu 17 Maret 2021, dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali.

Pelantikan Penjabat Wali Kota Ternate ini, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor: 131.82-470 tahun 2021 tentang pengangkatan Penjabat Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang.

Wakil Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali, dalam kesempatan itu menyampaikan pelantikan ini merupakan momentum penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Ternate.

Tujuannya untuk mengisi kekosongan jabatan wali kota defenitif. Karena sampai saat ini proses Pilkada di Kota Ternate masih berlangsung dan sedang memasuki tahapan persidangan di Mahkamah Konstitusi.

Sementara, masa jabatan wali kota defenitif telah berakhir. “Jadi kehadiran penjabat wali kota adalah semata-mata untuk menjamin kesinambungan jalannya roda pemerintahan,” ujarnya.

Al Yasin mengingatkan kepada Penjabat Wali Kota Ternate yang baru dilantik, walaupun dalam waktu yang singkat, hendaklah menjadi solusi atas permasalahan penyelenggaraan pemerintahan.

Sesuai keputusan Mendagri, penjabat wali kota bertugas menjamin kelancaran dan kesinambungan roda pemerintahan, memelihara ketentraman dan ketertiban, melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai setelah mendapat persetujuan tertulis Mendagri, serta melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19.

“Saya harap kepada semua elemen masyarakat maupun Pemerintah Kota Ternate agar tetap memelihara keharmonisan, ketenangan dan kedamaian, sampai proses Pilkada ini selesai,” pesan Al Yasin.

Penulis: Red
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga