COVID-19

Giliran Lansia di Ternate Jalani Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama

Seorang pria lanjut usia menjalani vaksinasi COVID-19 perdana di Kota Ternate, Maluku Utara. || Dok: Dinkes Kota Ternate

Ternate, Hpost – Sebanyak 101 orang lanjut usia menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama di RSUD Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa 23 Maret 2021.

Kepala Seksi Servelen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Ternate, Ririt Windiarti menjelaskan, dari jumlah itu hanya 93 orang yang divaksin. Sebab, kondisi tubuh 6 orang lansia tidak stabil.

“Tekanan darahnya naik. Sedangkan 2 orang lainnya dinyatakan tidak layak karena mengidap penyakit bawaan,” ucap Ririt kepada Halmaherapost.com.

Seorang perempuan lanjut usia menjalani vaksinasi COVID-19 perdana di Kota Ternate, Maluku Utara. || Dok: Dinkes Kota Ternate

Ia menjelaskan, untuk vaksinasi lansia tahap kedua terhitung selama 28 hari setelah tahap pertama. Rencanannya, vaksinasi ini bakal berlangsung hingga Kamis 25 Maret 2021.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Ternate, Anwar Kamarudin menambahkan, vaksinasi untuk lansia ini merupakan program dari pemerintah pusat. “Sasarannya di atas usia 60 tahun dan para pelayan publik,” jelasnya.

Terkait jenis vaksin yang disuntik ke tubuh peserta ialah Sinovac Bio Farma. Pemerintah sendiri menargetkan vaksinasi mencapai 4 ribu orang, dari 17 ribu lansia yang ada di Ternate.

Vaksin COVID-19 jenis Sinovac Bio Farma. || Dok: Dinkes Kota Ternate

Olehnya itu, vaksinasi di Kota Ternate juga dilaksanakan di 4 Puskesmas, di antaranya Puskesmas Kota, Kalumpang, Siko dan Kalumata. “Semua difokuskan di RSUD Ternate,” katanya.

Sedangkan Puskemas Gambesi, Sulamadaha, Jambula dan Bahari Berksesan di Kelurahan Tarau, fokus di wilayah kerjanya masing-masing. “Tapi kami belum terima data penerima vaksin dari 4 Puskesmas tersebut,” jelasnya.

Baca Juga