Pilkada 2020

TNI-Polri Maksimalkan Pengamanan Jelang PSU Pilkada Halmahera Utara

Ilustrasi personel keamanan (google image/pontas.id)

Tobelo, Hpost – Jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU), Polres Halmahera Utara, Maluku Utara, kembali memaksimalkan pengamanan secara ketat.

Dalam pengamanan, Polres Halut bersama Kodim 1508/Tobelo, telah mendirikan posko pengamanan di 4 titik pada desa-desa yang akan melakukan PSU.

Kapolres Halut, AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso mengatakan, sebelum pelaksanaan PSU dan pemungutan suara susulan, pihaknya melakukan patroli cipta kondisi.

“Yang jelas kami berusaha semaksimal mungkin, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif,” ucap Priyo, Rabu 14 April 2021.

Saat pelaksanaan PSU, lanjut dia, setiap TPS akan diamankan 11 personel. Sedangkan anggota yang standby di dekat TPS masing-masing 2 peleton.

“Anggota yang standby di dekat TPS mulai dari anggota Brimob, Dalmas, dan anggota Kodim 1508/Tobelo. Pokoknya semua lengkap, anggota TNI-Polri,” ujarnya.

Priyo juga mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi isu liar apapun dan sama-sama menjaga kamtibmas di Halut.

Pilkada Halut sendiri diikuti dua pasangan calon, yakni Joel B. Wogono – Said Bajak (JOS) dan Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM – MANTAP).

Berdasarkan keputusan sidang perselisihan hasil pemilihan, Mahkamah Konstitusi memutuskan dilakukan PSU di 4 TPS dan pemungutan suara susulan di 1 TPS, lingkungan PT Nusa Halmahera Minerals.

Empat TPS PSU adalah TPS 07 Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo, TPS 02 Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, serta TPS 01 dan 02 Desa Supu, Kecamatan Loloda.

Baca Juga