Bantuan

Inspirasi Hijrah Ternate Berbagi Sembako ke Duafa Jelang Lebaran

Komunitas Inspirasi Hijrah Ternate berbagi paket sembako untuk duafa. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost –  Jelang lebaran pada Kamis 13 Mei besok, Komunitas Inspirasi Hijrah Ternate (IHT) melakukan bagi-bagi paket sembako pada kaum duafa di beberapa wilayah di Maluku Utara.

Hingga saat ini, atau sejak Senin hingga Selasa 10 – 11 Mei 2021, IHT tercatat telah menyalurkan paket sembako ke kaum duafa pada 7 wilayah di Kota Ternate.

Sebelumnya, Komunitas IHT membuka program donasi berbagi bersama sejak 15 April hingga 9 Mei 2021. Dari donasi yang terkumpul sebanyak Rp 9.050.000 itu, dikonversi ke bahan pokok menjadi 51 paket bantuan.

“Per paket sembako yang dibagikan terdiri dari minyak goreng 2 liter, beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, 1 botol sirup, 2 kaleng susu kental manis, dan 4 kotak teh celup,” ungkap Mirwan Husen, Ketua Komunitas IHT, Rabu 12 Mei 2021.

Komunitas IHT saat berbagi sembako ke kaum duafa. || Foto: Istimewa

Mirwan bilang, IHT mulai berdiri pada 3 hingga 4 tahun lalu. Awalnya, dari hubungan pertemanan orang muda yang peduli pada dakwah dalam gerakan sosial.

Sejak berdirinya komunitas ini, pun mereka sudah memfokuskan berbagi qurban untuk kaum duafa di Halmahera.

“Tahun-tahun sebelumnya, memang kami fokus berbagi hewan qurban untuk kaum duafa. Insya Allah ke depan kami masih tetap bisa berbagi hewan qurban di Halmahera lagi,” ujarnya.

Kata Mirwan, sejak berdirinya IHT, selama ini mereka belum pernah kerjasama dengan lembaga lain. Namun, para donator atau dermawan yang selalu menyalurkan donasi, kata Mirwan, kebanyakan orang-orang muda.

“Saya berharap program seperti ini dapat berlanjut di ramadan pada tahun-tahun berikutnya dan dapat melibatkan para dermawan yang lebih banyak dengan jangkauan penyaluran bantuan tidak hanya di Ternate saja, tapi hingga ke daerah sekitarnya seperti Tidore, Sofifi, dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga