Olahraga

Tim Sepak Bola PON Maluku Utara Harus Ciptakan Sejarah di Jakarta

Tim Sepak Bola PON Maluku Utara saat bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan uji tanding dengan sejumlah tim. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Tim PON Maluku Utara untuk sepak bola, pada Minggu 13 Juni 2021 telah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan uji coba dengan sejumlah tim.

Keberangkatan tersebut dilepas langsung oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Malut, Adam Marsaoly.

Ketua Asprov Malut, Adam Marsaoly, dalam momentum pelepasan kemarin, memberi motivasi dan semangat kepada pemain.

Ia bilang, pemain Malut sebenarnya punya jiwa sepak bola sudah sejak dulu. Karena itu, setiap event sepak bola nasional, Malut menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan.

“Di PON ini kita bawa nama daerah Malut, jadi harus fight dan tunjukkan kalau kita bisa. Kita harus jadi pelaku sejarah, bukan jadi pembelajar sejarah. Karena itu, Anda (pemain) harus bekerja keras untuk menciptakan sejarah, agar nanti dikenang oleh orang,” ucap Adam.

Tim Sepak Bola PON Maluku Utara saat foto bersama di Bandara Babullah Ternate. || Foto: Istimewa

Adam juga mengucapkan terima kasih pada sponsor utama NHM, yang punya kepedulian memerhatikan sepak bola Malut.

Sementara itu, Ketua KONI Malut, Djafar Umar, menjelaskan semua cabor saat ini sudah mulai mempersiapkan diri untuk menjalani training center tahap akhir (TC Kampus).

Cabor sepak bola merupakan yang pertama melakukan TC tersebut. Menurutnya, dengan adanya dukungan penuh dari NHM, cukup memberi kemudahan dan harapan.

“Kita berharap, target masuk semi final bisa tercapai. Ini target yang luar biasa. Mudah-mudahan target ini seperti cabor futsal waktu PON di Bandung, yang hanya menargetkan perunggu tapi akhirnya bisa dapat medali perak. Kita juga berterima kasih pada NHM atas kepedulian mereka,” ujar Djafar.

Manajer Tim Maluku Utara, Nuryadin Rachman, mengatakan TC kampus tersebut merupakan persiapan pra kompetisi yang dipusatkan di Jakarta. Tujuannya, untuk menambah jam pertandingan sekaligus penyesuaian venue.

Selain itu, pilihan TC di Jakarta tersebut juga untuk menambah pengalaman dengan uji tanding. Dalam uji tanding ini, pihak manajemen bakal mencari tim lawan yang selevel maupun kelasnya di bawah skuad PON Maluku Utara.

Nuryadin bilang, pilihan tim yang di bawah level ini untuk mengukur kepercayaan diri dan performa. Kemudian tim yang selevel untuk membangun motivasi dalam mengaktualisasikan program selama latihan di Jakarta.

Begitu juga tim yang levelnya lebih tinggi, untuk membangkitkan optimistis dan semangat tim dalam menghadapi kompetisi.

“Kami pun berharap dengan dukungan PT NHM sebagai sponsor tunggal ini, bisa memberikan spirit dan motivasi bagi kemajuan sepak bola di Maluku Utara. Atas nama manajemen, saya memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas suport dari Pak Haji Robeh,”  kata Nuryadin.

Sementara itu, Rusli Abdullah, mewakili pihak sponsor, mengungkapkan pentingnya membangun kerja sama dan kepercayaan.

Rusli berharap, kerja sama tersebut terus terjalin untuk memajukan sepak bola di Maluku Utara.

Tim Sepak Bola PON Maluku Utara saat pamit ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan uji tanding dengan sejumlah tim. || Foto: Istimewa

“Kita berharap, ke depan tim sepak bola Maluku Utara dapat mengharumkan nama Maluku Utara di kanca sepak bola nasional, terutama event PON Papua ini. Pihak sponsor tetap memberikan dukungan yang terbaik, sehingga proses latihan menuju ke visi dan cita-cita Maluku Utara dapat diwujudkan sesuai harapan pencinta sepak bola Maluku Utara,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya, tim asuhan Rahmat ‘Poci’ Rivai ini sudah menjalani pelatihan di Ternate. Pelatihan non kampus itu fokus pada tiga aspek, yakni persiapan, persiapan umum, dan persiapan khusus.

Untuk persiapan khusus ini, semua pemain dilatih untuk mengembangkan teknik, fisik, taktik dan penerapan HPP dan UPP. Persiapan dimulai dari rekrutmen dan seleksi tim, dilanjutkan dengan penerapan program latihan. Kemudian, latihan fisik dan evaluasi TIM.

Penulis: Rajif Duchlun
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga