Perusahaan

Sistem Peringatan Dini PT IWIP Dipertanyakan

Tungku 1 Smelter A milik PT Indonesia Weda Bay Industrial Park di Halmahera Tengah, Maluku Utara, terbakar pada Selasa 15 Juni 2021 sekira pukul 06.00 WIT. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Terbakarnya tungku 1 Smelter A milik PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, pada Selasa 15 Juni 2021 sekira pukul 06.00 WIT mengundang reaksi publik.

Dosen Ekonomi Universitas Khairun Ternate, Aziz Hasyim, dalam keterangan tertulis yang diterima halmaherapost.com, Rabu 16 Juni 2021, meminta Polda Malut menginvestigasi secara serius, agar insiden tersebut bisa diketahui penyebabnya.

Menurut dia, peristiwa itu mengindikasikan managemen perusahaan tidak menaruh perhatian serius pada sistem peringatan dini (early owning system).

“Jika sistem peringatan dini baik, mungkin saja para karyawan maupun fasilitas yang dimiliki perusahaan dapat diantisipasi. Semua pihak pasti prihatin atas kejadian itu,” tuturnya.

Asis bilang, dari sisi ekonomi akan sangat berdampak pada perusahaan. Karena menambah beban perusahaan untuk membiayai perawatan karyawan, serta keluarga karyawan selama belum bisa bekerja.

Dengan demikian, ia berharap proses investigasi dilakukan secara serius. “Supaya itu menjadi catatan dan dasar bagi managemen untuk perbaikan sistem ke depan,” tandasnya.

Baca Juga