Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Ternate Dihentikan

ILUSTRASI sekolah yang melaksanakan tatap muka di tengah pandemi Covid-19. || Foto: Kompas.com

Ternate, Hpost - Dinas Pendidikan Kota Ternate, Maluku Utara, kembali menghentikan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka. Kebijakan ini berlaku untuk tingkat PAUD hingga SMP negeri maupun swasta.

Langkah tersebut diambil Dinas Pendidikan untuk menekan angka positif Covid-19 kembali meningkat.

Pemberhentian pembelajaran tatap muka tertuang dalam surat pemberitahuan Nomor 421/331/2021 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Bahtiar Teng.

Ini menindaklanjuti surat dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate Nomor 078/-ST-Covid19/KT/2021 tanggal 2 Juli 2021 tentang adanya peningkatan kasus Covid-19 yang menimpa anak usia sekolah.

Saat ini, Kota Ternate pun ditetapkan sebagai zona orange atau tingkat penularan sedang.

Bahtiar Teng dalam surat tersebut menyebutkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka pelaksanaan proses belajar-mengajar di sekolah dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

"Hal ini disesuaikan dengan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang perubahan atas keputusan Nomor 01/KB/2020 No: 526 tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/36/2020, Nomor 440-882 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19," ungkapnya.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun pelajaran 2021/2022 pun dilarang dilakukan secara tatap muka. Selain itu, kepala sekolah diminta memaksimalkan guru dalam tugas-tugas pembelajaran secara daring dan luring.

"Apabila sekolah tidak menaati segala ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.

Kebijakan siswa sekolah secara daring dan luring ini mulai diberlakukan terhitung mulai Senin, 5 Juli 2021 sampai dengan adanya pemberitahuan lebih lanjut. (TS)

Penulis: TS
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga