COVID-19

Wawali Tidore Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan berpose bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Rum Balibunga. || Foto: Istimewa

Tidore, Hpost – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, dinyatakan selesai menjalani isolasi mandiri (isoman) oleh tim medis Puskesmas Rum Balibunga.

Orang nomor dua di Pemerintah Kota Tidore Kepulauan itu, terhitung kurang lebih 10 hari menjalani isoman, ditambah 3 hari masa pemantauan gejala berupa demam dan gangguan pernapasan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim mengatakan, saat ini kondisi Wawali sudah cukup baik.

“Sudah tidak demam. Saturasinya (kadar oksigen dalam aliran darah) juga normal. Keluhan dan gejala lain juga tidak ada, sehingga Pak Wakil dinyatakan telah selesai menjalani masa isolasi mandiri, dan dinyatakan sembuh,” tutur Saiful.

Saiful bilang, Wawali sempat masuk dalam kriteria pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan, sehingga sempat dirawat di RSUD Soasio, Tidore, dan kemudian menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Tapi di hari kelima sampai hari terakhir masa isolasi, kondisi Pak Wakil sangat baik dan sudah tidak menunjukan gejala apapun,” ucapnya.

Menurut dia, ini berdasarkan KMK. Nomor HK. 01.07./413/tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada bagian manajemen Kesehatan Masyarakat dan Tatalaksana kasus terkonfirmasi positif dengan gejala ringan.

“Jadi pasien hanya menjalani isolasi mandiri di rumah, dengan pemantauan berskala selama 10 hari. Lalu ditambah 3 hari pemantauan gejala demam dan gangguan pernapasan oleh fasilitas kesehatan di wilayah tersebut,” tuturnya.

Nantinya, Tim Kesehatan Puskesmas Rum Balibunga akan memberikan surat keterangan selesai menjalani isoman kepada Wawali Tidore.

“Itu sesuai petunjuk teknis yang ada, dan Pak Wakil sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Tentu dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Wawali Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, mengucapkan terima kasih kepada para tokoh agama, pemuda, dan seluruh masyarakat Tidore yang telah mendoakan kesembuhannya.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada para tenaga medis, baik di rumah sakit, Dinas Kesehatan, maupun petugas di Puskesmas, yang terlibat langsung merawat dan memantau saya selama masa isolasi,” pungkasnya.

Muhammad Sinen pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Tidore untuk tetap patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. “Mari kita saling bekerja sama agar bisa keluar dari pandemi ini,” imbuhnya.

Baca Juga