Idul Adha

Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara Salurkan Daging Kurban

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Maluku Utara, menyalurkan hewan kurban pada Iduladha 10 Dzulhijjah 1442 H/20 Juli 2021 di Kota Ternate. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Maluku Utara, menyalurkan hewan kurban pada Iduladha 10 Dzulhijjah 1442 H/ Selasa 20 Juli 2021 di Kota Ternate.

Penyembelihan dan pembagian daging kurban itu dipusatkan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate, Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat.

Ketua PWPM Maluku Utara, Faujan A. Pinang pada wartawan menyampaikan, Iduladha 1442 H tahun ini Pemuda Muhammadiyah Malut melakukan kurban 1 ekor sapi dengan bobot 90 kilogram dan seekor kambing.

Faujan mengatakan, kurban merupakan momen sukacita yang menjadi salah satu dari rangkaian hari raya Iduladha.

"Dalam hari raya Iduladha, kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk bersyukur terhadap segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Maka kita diperintahkan untuk menyembelih kurban sebagai manifestasi dan simbol rasa syukur kepada Allah SWT," ujar Faujan.

Setelah menyembelih kurban, disunnahkan untuk memakannya dan membagikannya kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Sedangkan hikmah kurban, kata Faujan, salah satunya adalah untuk meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Melaksanakan ibadah kurban juga sebagai bentuk kepatuhan kita terhadap ajaran Rasulullah SAW dan Allah SWT," terangnya.

Faujan menambahkan, kurban tahun ini masih di tengah pandemi Covid-19, sehingga tujuan dari kurban ini atas dasar kebersamaan untuk berbagi kepada sesama.

"Sangat tepat untuk saling membantu dan berbagi bersama masyarakat di tengah pandemi. Kondisi ini kita dibutuhkan saling berbagi dengan masyarakat yang ada di sekitar kita, terutama mereka yang membutuhkan," tambah Faujan.

Selain pembagian daging kurban, PWPM juga membagikan masker, hand sanitizer dan makan bersama anak panti, kaum duafa dan warga sekitar sekretariat.

Penulis: Red
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga