Info Ternate

Pengamat, Soal Baliho Puan Maharani di Ternate: Sinyal Pilpres 2024

Baliho Puan Maharani di Salah Satu Tempat Keramaian di Ternate. Foto: Samsul

Ternate, Hpost - Baliho Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mulai terpampang di sejumlah tempat di Kota Ternate, Maluku Utara.

Kedua tokoh ini memang sedang dipromosikan untuk maju bertarung dalam kontestasi Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024 mendatang.

Pengamat Politik Maluku Utara, Dr. Helmi Alhadar, mengatakan, memang belakangan ini baliho Puan marak di mana-mana dipasang, terutama di Pulau Jawa.

Hadirnya baliho kedua sosok itu, menurut Helmi, bisa memberi sinyal Partai PDIP yang kemungkinan akan mengusung Puan untuk maju pada di Pilpres mendatang.

“Sebab sebelumnya hasil-hasil survei menggambarkan posisi Puan tidak terlalau bersinar dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Anis Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, Khofifa dan Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP,” kata Helmi, Sabtu 7 Agustus 2021.

Selain Puan, baliho Airlangga juga terpampang di Ternate. Foto: Faris Bobero.

Helmi bilang, pemasangan baliho merupakan usaha untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas Puan dalam kepentingan Pilpres.

“Maraknya baliho Puan di Maluku Utara kemungkinan tidak terlepas kepentingan PDIP untuk mendorong putri Megawati untuk bertarung dalam Pilpres nanti,” tukasnya.

Direktur Lembaga Strategi Komunikasi dan Politik (Leskompol) Maluku Utara ini mengatakan, memang terkesan kurang elok saat ini, karena belum tiba masanya kampanye.

“Ini juga terjadi di daerah-daerah termasuk Maluku Utara yang sudah mulai terlihat manuver dari tokoh-tokoh yang akan maju pada Pilpres, meskipun tidak seperti Ketua DPR RI yang sudah lebih jelas dengan memasang baliho,” ucapnya.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara itu menambahkan, kehadiran baliho Airlangga di Maluku Utara sepertinya hanya usaha dari Partai Golkar untuk melihat respons masyarakat.

“Elektabilitas Puan dan Airlangga relatif seimbang, tetapi kemungkinan Puan akan berpasangan dengan Prabowo dengan menjadi Wapresnya ketimbang berpasangan dengan Airlangga,” jelasnya.

Penulis: Samsul Hi Laijou
Editor: Redaksi

Baca Juga