Info Ternate

Mubin A Wahid: Rancangan Awal RJPMD Ternate Sudah Telat

Ketua Komisi II DPRD Ternate, Mubin A. Wahid. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid, mengatakan, pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) periode 2021-2026 sudah telat.

"Sekarang ini bukan penyampaian Ranwal RJPMD," ujar Mubin usai menggelar rapat kerja bersama pemerintah kota Ternate, Senin, 09 Agustus 2021.

Menurut Mubin, waktu yang tepat untuk saat ini adalah memasuki tahapan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda untuk RJPMD.

Sebagaimana, kata dia, merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor 86 tahun 2017, pasal 49, yang menyebutkan paling lamban terlaksananya Ranwal jatuh tempo 40 hari paska walikota dan wakil wali kota dilantik. "Ini kan sudah lewat," tegas Mubin.

"Dengan demikian, DPRD punya waktu selama 10 hari untuk melakukan evaluasi atau meninjau kembali, kemudian mengembalikan ke kepala daerah untuk mengajukan konsultasi ke Gubernur"

Mubin bilang, pemerintah provinsi harusnya mengembalikan ke pemerintah Ternate untuk dilakukan verifikasi, seterusnya disampaikan ke DPRD.

Dalam proses tersebut, kata dia, memiliki tenggang waktu 90 hari.

Kendati ada keterlambatan RJPMD berbuntut pada waktu pembahasan APBD induk, ia memaklumi itu karena perhelatan politik sebelumnya dengan adanya gugatan.

"Sehingga jadwal pelantikan yang ditetapkan pun berubah. Atau tidak mengikuti jadwal yang ditetapkan sebelumnya" tandasnya.

Penulis: Julfikar Sangaji
Editor: Redaksi

Baca Juga