Bantuan

Bantuan Langsung Tunai di Tidore Kepulauan Diterima Triwulan

Ilustrasi dana bantuan langsung tunai untuk desa. Foto: Babel.com

Tidore, Hpost - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) pemerintah pusat ke desa pada tahun 2021 mengalami perubahan.

Sebelumnya penyaluran anggaran BLT desa dilakukan satu bulan sekali. Namun, saat ini penyaluran anggaran dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan sekali (triwulan).

BACA JUGA:

Ratusan Pelajar di Kepulauan Sula Ikut Vaksinasi

Motif Pembunuhan di Hutan Halmahera Tengah Sulit Diungkap

Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Keuangan nomor SE-7/PK/2021 tentang percepatan penyaluran dana desa untuk bantuan langsung tunai desa tahun anggaran 2021.

"Kebijakan terbaru ini, tidak lagi ditransfer per bulan ke desa, tapi tiga bulan sekali," kata Kasi Pembangunan Pemerintahan Desa, Dinas PMD Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabandia Abubakar, Senin 23 Agustus 2021.

Sabandia bilang, pemerintah pusat saat ini telah mentransfer anggaran ke desa untuk penyaluran tiga bulan, yaitu untuk Juli, Agustus, dan September.

Berdasarkan data yang dimiliki, di Tidore sudah ada 14 desa yang melakukan penyaluran BLT pada Agustus 2021.

14 desa itu di antaranya Desa Amper, Balbar, Galala, dan Garojou yang ada di Kecamatan Oba Utara. Di kecamatan Oba Tengah ada Desa Lola, Siokona, Tadupi, Togeme. Untuk Kecamatan Oba ada Desa Kosa dan Talasi.

Sedangkan di Kecamatan Oba Selatan ada Desa Lifofa. Kecamatan Tidore Utara ada Desa Maitara Selatan dan Maitara Tengah. Untuk Kecamatan Tidore Selatan ada Desa Mare Gam.

"Anggaran itu langsung masuk ke rekening desa dan desa langsung salurkan. Nanti kami buat laporan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara)," pungkasnya.

Penulis: BCS
Editor: RHH

Baca Juga