Lingkungan

DLH Ternate Bilang, Keluhan Bau Sampah di Takome bakal Diselesaikan

Tumpukan sampah di depan Pasar Rakyat Wayo, Taliabu. || Foto: Rusmin Umagapi/JMG

Ternate, Hpost - Masalah bau sampah yang merambat ke pemukiman warga di Takome, Kota Ternate, Malulu Utara, akan ditinjau langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Tony Pontoh, akhirnya menanggapi masalah keluhan warga Kelurahan Takome RT 01/RW01 soal bau sampah dari TPA itu.

Baca Juga:

Warga Nilai Pembangunan Dermaga Pulau Hiri Mangkrak di Tangan Pemerintah

Napi yang Lawan Tata Tertib Tidak Akan 'Move On' sebagai Napi

"Keluhan warga itu sudah benar, tapi jangan sampai keluar ke surat kabar, paling tidak warga itu sampaikan langsung ke kita dan kita akan langsung turun. Karena kami bukan pelayan tapi sifatnya melayani," ujar Tony pada Senin 30 Agustus 2021.

Terpisah, Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif, mengatakan soal sampah memang sampai saat ini terus menjadi permasalahan kota yang belum ada solusinya dan prioritas dari Pemkot Ternate.

"Memang menurut kami (Komisi III) yang membidangi kaitan persoalan lingkungan dan persampahan upaya dan langkah Pemkot tampaknya belum efektif karena banyak aspek," ucapnya.

Nurlela bilang, pertama, soal keberpihakan anggaran, kedua belum ada upaya penegakan peraturan daerah yang tegas, ketiga belum ada langka-langkah mendorong kesadaran masyarakat terhadap pola 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle sebagai upaya mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan.

3R yang dimaksud ialah mengurangi penggunaan kertas plastik di kantor dan pilih produk-produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang. "Yuk mulai 3R di rumah masing-masing," ajaknya.

Penulis: SAR
Editor: RHH

Baca Juga