Air Bersih

Alat Uji Sampel Air Danau Ngade di Ternate Belum Memadai

Ilustrasi gambar: Media Edutama

Uji kualitas terhadap air Danau Ngade juga menyulut perhatian Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Heni Sutan Muda. Ia mengingatkan soal pentingnya menjaga kualitas sumber air minum yang diambil dari Danau Ngade.

“Bagi kami terpenting kawasan lingkungan Danau Ngade ini harus diatur terlebih dahulu oleh Pemkot bahwa tak diperbolehkan adanya permukiman dan debit air danau tersebut harus dilakukan penelitian terus-menerus," ucap Heni Sutan Muda, Selasa 31 Agustus 2021.

BACA: Seni Budaya dan Produk Lokal Siap Tampil di Festival  Tanjung Waka

Ia bilang, cukup atau tidaknya air di Danau Ngade ini untuk kebutuhan masyarakat Kota Ternate bisa dibicarakan nanti. Namun, yang paling penting menurutnya soal prioritas kebutuhan akan ketersediaan air untuk masyarakat.

“Sekarang ini dalam waktu dekat masyarakat membutuhkan air itu dan sangat prioritas. Sehingga jika kita bicarakan 10 tahun ke depan tak ada lagi sumber itu di danau itu masih jauh,” ujarnya.

Heni juga mengingatkan, Ternate sudah seharusnya memiliki laboratorium sendiri untuk menguji kualitas atau kelayakan air. Sehingga tidak perlu melakukan uji sampel hingga ke Manado, Sulawesi Utara.

Selanjutnya 1 2
Penulis: SAR
Editor: RHH

Baca Juga